Yakin Kabupaten Inbar Terwujud

oleh -338 views
DUKUNG INBAR: Anggota DPRD Provinsi Jabar Muhamad Sidkon Djampi bersama jajaran PPKIB saat kegiatan reses di Aula pondok pesantren Roudlatul Ulum Desa Kendayakan, Kecamatan Terisi, Kamis (4/3). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H Muhamad Sidkon Djampi SH menyatakan komitmennya untuk mengawal pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar).

Sidkon yang juga Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga siap mendorong agar paripurna persetujuan bersama Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Barat dapat disegarakan.

Hal itu ditegaskannya di hadapan Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) saat kegiatan Reses II tahun sidang 2020-2021 di Aula Pondok Pesantren Roudlatul Ulum Desa Kendayakan, Kecamatan Terisi, Kamis (4/3).

“Saya akan komitmen untuk mendorong terbentuknya Kabupaten Inbar melalui jalur DPRD Provinsi Jabar. Termasuk juga ketingkat pusat. Saya yakin Kabupaten Inbar segera terbentuk,” ucap Sidkon pada reses yang juga dihadiri Ketua DPC PKB, Muhamad Sholihin, jajaran Garda Bangsa, pengurus NU serta sejumlah elemen masyarakat.

Anggota Komisi 1 DPRD Jabar ini memaparkan, setelah menerima aspirasi dari PPKIB pada pertemuan awal tahun lalu, dirinya langsung melobi Pemprov Jabar. Agar usulan pemekaran Kabupaten Indramayu diprioritaskan. Apalagi, persyaratan dinilai telah lengkap.

Hasilnya, bersama Bogor Timur, usulan CDOP Kabupaten Inbar langsung diajukan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Untuk disetujui bersama-sama pada sidang paripurna yang waktunya belum dapat dipastikan.

Tak selesai sampai disitu. Mantan Ketua Pansus VII Perda Nomor 1 tahun 2021 tentang Fasilitasi Penyelenggara Pesantren ini mengaku, pengamanan dari Fraksi PKB juga dilakukan pada badan musyawarah. Agar posisi Kabupaten Inbar tidak bergeser.

Menyusul banyak anggota dewan lain yang belakangan mengusulkan agar persetujuan bersama tidak hanya untuk dua kabupaten. Pemprov Jabar pun diminta agar memfasilitasi usulan pemekaran dari daerah lain supaya dapat memenuhi persyaratan.

Setelah sebelumnya gubernur dan DPRD Jabar, memberikan persetujuan kepada 3 CDPOB yang masuk dalam kategori Amanat Presiden (Ampres). Yakni Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat pada awal Desember 2020 lalu.

“Muncul aspirasi dari teman-teman agar usulan CDOP dari kabupaten kota lain dimasukkan, sekalian disetujui. Itulah kenapa, sidang paripurna persetujuan bersama belum ada kepastian waktu,” terang dia.

Namun demikian, legislator Dapil Jabar XII meliputi Kabupaten Indramayu, Cirebon dan Kota Cirebon ini menegaskan, dirinya dan Fraksi PKB akan terus mengawal dan mendorong agar CDOP Kabupaten Inbar disetujui.

“Kita siap mendorong lagi di banmus agar CDOP Kabupaten Inbar dan Bogor Timur disegarakan paripurnanya,” kata Sidkon.

Ketua PPKIB, Sukamto SH memberikan apresiasi kepada Sidkon Djampi beserta Fraksi PKB DPRD Jabar yang konsisten memperjuangan aspirasi pemekaran Bumi Wiralodra.

Dirinya mengakui, Sidkon menjadi salah satu wakil rakyat dari Kabupaten Indramayu yang secara nyata membuktikan keberpihakannya demi segera terbentuknya CDOP Kabupaten Inbar.

“Kami akui, beliau ini secara lantang dan tegas mendukung dan membuktikan ucapannya memperjuangkan pemekaran. Kami memang bergatung kepada Pak Sidkon. Ini menjadi poin tersendiri bagi masyarakat Inbar khususnya jajaran PPKIB,” terangnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *