Tunggu Penilaian dan Laporan dari Pemcam

oleh -25 views
SEGERA DIPERBAIKI: Kondisi tanggul Cimanuk Blok Rengaspayung Desa/Kecamatan Kertasemaya masih belum diperbaiki, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Warga Blok Rengaspayung di Desa/Kecamatan Kertasemaya bisa bernafas lega. Pasalnya, tanggul Sungai Cimanuk yang ambles serta bangunan rumah yang rusak akibat retakan tanah segera diperbaiki.

Hal itu dikatkaan Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Caya saat dikonfirmasi Radar Indramayu, Selasa (12/10).

Dikatakan Caya, proses perbaikan tanggul ambles di Blok Rengaspayung yang sampai merusak beberapa rumah warga, tinggal menunggu proses assessment dari Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Kertasemaya terkait data jumlah warga yang terdampak.

“Kita masih menunggu surat keterangan hasil assessment dari pemerintah kecamatan, surat dari Ibu Bupati sudah,” terang Caya.

Dijelaskan Caya, saat ini uji laboratorium sudah keluar, dan di sepanjang tanggul ambles harus digali sedalam 30 meter.

“Berdasarkan hasil uji laboraturium di kedalaman 30 meter ini ada sungai purba sehingga perlu dilakukan penggalian tanah sedalam 30 meter. Untuk laporan rumah warga yang terdampak ada sekitar tujuh rumah, tapi kita masih tunggu laporannya,” ujar Caya.

Dikatakan Caya, pihaknya baru melakukan action setelah mengetahui jumlah rumah warga yang terdampak dari tanah ambles.

Terkait anggaran perbaikan, Caya menyatakan, sementara berasal dari anggaran BPBD.

Perlu diketahui, tanah Tanggul Cimanuk di Blok Rengaspayung kembali ambles di awal tahun 2021. Saat itu, pada pertengahan Februari, Sungai Ciamnuk meluap dan membanjiri hampir seluruh wilayah di Kecamatan Sukagumiwan  dan Kertasemaya pada pertengahan bulan Februari.

Pasca diperbaiki, tanah tanggul kembali ambles dan meluas sampai merusak beberapa rumah warga sekitar.

Sementara itu, salah seorang warga, Raca mengaku, dengan kondisi tanggul yang terus ambles membuat warga waswas. Ditambah, saat ini, rumahnya mulai terkena dampak tanah ambles. “Kecemasan warga bertambah karena saat ini sudah memasuki musim hujan,” ujarnya.

Untuk itu, Raca mengapresiasi pihak BPBD yang segera melakukan perbaikan tanggul yang ambles dan rumah warga. “Semua warga berharap tanggul bisa seger diperbaiki sebelum musim hujan,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.