Tumpukan Sampah Resahkan Warga

oleh -13 views
MENUMPUK: Warga mengeluhkan sampah yang menggunung di TPS liar antara Desa Brondong dan Pabean Ilir, kemarin. FOTO: JAMAL/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Sampah yang menggunung di antara Desa Pabean Ilir dan Desa Brondong Blok Sanyep Kecamatan Pasekan meresahkan warga sekitar.

Salah seorang warga Pabean Ilir, Eko mengatakan, tumpukan sampah ini sudah berjalan selama 10 bulan penuh dari bulan Februari sampai Desember 2020 ini.

Diakui Eko, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu sempat mengangkut sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ilegal. Namun, kini sampah kembali menumpuk.

Eko menilai, banyaknya tumpukan sampah karena masyarakat kurang sadar dalam mengelola sampah. Di samping itu, lanjut Eko, pemerintah juga belum maksimal menangani kebersihan di area tersebut. “Saya lihat tidak ada plang larangan membuang sampah disana, serta tidak ada pengawasan dari pihak dua desa sehingga oknum warga tidak punya beban membuang sampah sembarangan disana,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Pasekan A Syafruddin mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Brondong dan Pabean Ilir agar menangani dengan baik masalah di wilayahnya. “Tinggal bagaimana mereka bergerak, kita hanya mendorong dan mengakomodir saja,” kata Syafruddin.

Sementara itu, pihak Pemdes Pabean Ilir menyatakan, tanah di TPA sementara itu tidak diizinkan dibangun TPA permanen. “Itu memang bukan tanah pemdes, itu punya perseorangan. Dia mengizinkan kalau bangunan sementara, tapi kalau permanen tidak boleh. Jadi terpaksa kita bangun di tempat lain untuk TPA Desa Pabean Ilir,” papar Herman (29) saat dikonfirmasi via telepon. (jml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.