Taufik Minta Pers Kreatif dan Profesional

oleh -47 views
TABUH GONG: Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat meluncurkan berbagai kegiatan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021, usai Pelantikan Pengurus PWI Indramayu 2020-2023, Kamis (4/2), di Pendopo Indramayu. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Peran pers beserta medianya sangat dibutuhkan guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Terlebih lagi saat ini media-media sudah menyajikan berita secara online. Untuk itu, insan pers dituntut untuk semakin kratif dan profesional dalam menyajikan berita dengan berpegang teguh pada etika jurnalistik agar para wartawan berada di koridor yang tepat.

Hal tersebut ditegaskan Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat, ketika memberikan sambutan pada Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indramayu periode 2020-2023 yang berlangsung di Pendopo Indramayu, Kamis (4/2).

Menurut Taufik, jika melihat sejarah panjang ke belakang bahwa wartawan yang tergabung dalam PWI adalah wartawan yang profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik. Sehingga, wartawan yang tergabung dengan PWI benar-benar wartawan yang berkompeten dan profesional serta dilindungi oleh undang-undang dan Dewan Pers.

“Wartawan di bawah naungan PWI juga harus mampu mempertahankan eksistensi PWI sendiri. Dengan pelantikan pengurus yang baru ini diharapkan PWI Indramayu semakin solid, eksis dan senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah,” kata Taufik.

Sementara itu Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengatakan, dengan kepengurusan PWI yang baru diharapkan bisa menjadi bahan edukasi bagi masyarakat dalam mencari sumber referensi berita yang benar ditengah terus bermunculannya berita-berita hoax di media sosial.

Ditemui seusai pelantikan, Ketua PWI Kabupaten Indramayu, Dedi Musashi mengatakan, di kepengurusannya saat ini yang bersamaan dengan pandemi Covid-19, hal yang sangat penting adalah menjalankan program Jaga Wartawan.

Program tersebut merupakan upaya untuk melindungi para wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya dari penyakit Covid-19.

Pada acara pelantikan tersebut, juga dilakukan launching rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 tingkat Kabupaten Indramayu yang ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan dukungan.

Selain dihadiri oleh Plt Bupati Indramayu, Ketua PWI Jawa Barat, pada kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Ketua DRPD,  perwakilan Forkopimda, perusahaan BUMN, BUMD, serta para pengusaha dan anggota PWI lainnya. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *