Targetkan Seribu Orang Tes Swab

oleh -189 views
TES SWAB: Petugas tengah melakukan tes swab terhadap pengunjung di Sport Center (SC) Indramayu, Sabtu (30/5) malam. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Sebagai tindak lanjut program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Gugus Tugas Program Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu terus bergerak cepat. Kali ini mereka lebih intens untuk melakukan tes swab masal di sejumlah tempat keramaian, seperti pasar dan juga tempat nongkrong.

“Kalau pada PSBB sebelumnya kita konsentrasi di check point, sekarang kita lebih aktif untuk melakukan penyekatan, serta melakukan tes swab langsung di tempat-tempat umum,” kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr Deden Boni Koswara, Senin (1/6).

Deden mengatakan, dengan cara ini diharapkan penyebaran Covid-19 bisa lebih cepat ditangani sehingga akan cepat memutus mata rantai penularan.

Dijelaskannya, tes swab ini rencananya akan menyasar 1000 orang secara random. Untuk sementara swab test telah dilakukan di Pasar Baru Indramayu pada Sabtu (30/5) pagi dan di Sport Center pada malam harinya. Sebanyak 219 warga telah diswab oleh petugas dari Dinas Kesehatan, yaitu 135 orang di Pasar Baru dan 84 orang di Sport Center.

Deden menambahkan, dalam melakukan tes swab ini pihaknya bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unswagati Cirebon. Dengan demikian hasil tes swab diharapkan bisa lebih cepat diketahui.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu telah melakukan tes swab di Pasar Baru Indramayu, Sabtu (30/5) pagi.

Kegiatan ini membuat terkejut pada pedagang maupun pengunjung pasar. Karena mereka saru persatu harus menjalani tes swab. Hal yang sama terjadi di kawasan Sport Canter (SC) pada malam harinya. Warga yang tengah asyik kongkow tiba-tiba digiring untuk melakukan tes swab.

Pelaksanaan tes swab tersebut mendapat pengawalan ketat dari jajaran Polres Indramayu bersama unsur TNI Kodim 0616/Indramayu serta anggota Satpol PP. (oet)