Tanpa Ekses, Kinerja Panwaslu Diapresiasi

oleh -71 views
EVALUASI: Panwaslu Kecamatan Bongas menggelar sosialisasi hasil pengawasan Pilkada Indramayu tahun 2020 di Aula UPTD SDN 3 Cipaat, Rabu (20/1). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Bongas menggelar sosialisasi hasil pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Indramayu tahun 2020, Rabu (20/1).

Sosialisasi dihadiri para Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), serta perwakilan tim sukses paslon Pilkada Indramayu Kecamatan Bongas.

Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Indramayu, Supriadi SHI turut hadir pada acara di Aula UPTD SDN 3 Cipaat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 tersebut.

Dalam penyampaiannya, Camat Iing Kuswara SSTP MSi, Kapolsek AKP Gatot Kuncoro SH serta Danramil 1616/Kandanghaur Kapten Kav Daniel Ronge, kompak memberikan apresiasi terhadap kinerja Panwaslu Bongas dan jajaran PKD .

“Hal ini tidak lepas dari penyelenggaraan Pilkada Indramayu diwilayah Kecamatan Bongas yang kondusif, sukses tanpa ekses. Ditambah presentasi kehadiran pemilih cukup tinggi mencapai 68,20 persen. Tentu berkat jalinan kerjasama banyak pihak terkait, termasuk didalamnya Panwaslu beserta jajarannya,” terang Camat Iing Kuswara.

Pihaknya pun memberikan ucapan selamat kepada Panwaslu Bongas yang berhasil masuk nominasi 5 besar pengelolaan keuangan terbaik tingkat Kabupaten Indramayu.

Tak hanya Forkopimcam, perwakilan tim sukses paslon nomor empat, Casdirah juga turut memberikan pujian atas keberhasilan pengawasan Pilkada di Kecamatan Bongas.

Menurutnya, Panwascam Bongas sangat berintegritas dalam menjalankan tupoksinya dalam mengawal pesta demokrasi ditengah pandemi Covid-19 kali ini. “Kami selalu diajak berkoordinasi bersama Forkopimcam maupun PPK dalam hal penertiban APS dan APK yang menyalahi aturan ataupun pelanggaran regulasi lainnya. Kami juga merasakan sikap humanis dari seluruh jajaran Panwaslu terutama ketuanya. Sehingga kami menjadi lebih smart dalam ikut mengawal jalannya Pilkada,” paparnya.

Sementara itu, ketua Panwaslu Kecamatan Bongas, Subakir menjelaskan sosialisasi diadakan sebagai peningkatkan kualitas pengawasan bagi penyelenggara serta memberi input kepada partisipasi masyarakat dalam kesiapan menghadapi Pemilu berikutnya.

Disamping menerima masukan dari berbagai elemen secara konstruktif sebagai perbaikan dalam hal pengawasan yang sudah dilakukan oleh Panwaslu dan jajaranya.

Subakir bersyukur, sejak dilantik akhir Desember 2019 lalu, sinergitas bersama Forkompimcam, PPK serta emelen masyarakat dapat terbangun dengan baik dalam hal pencegahan dan pengawasan netralitas ASN, Kuwu, Perangkat Desa dan BPD.

Meskipun diakuisnya, masih saja terjadi sedikit miskomunikasi khususya dengan PPK Bongas pada tahapan verfak dan pemutakhiran daftar pemilih, walaupun pada akhirnya dapat terselesaikan dengan baik.

“Semua ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak. Terkhusus kerja optimal dari jajaran Panwaslu seperti Sugino selaku kordiv HPP, Saeful Kordiv SDM & Organisasi juga segenap jajaran kesekretariatan. Juga semua PKD yang sudah ikut aktif dalam upaya pencegahan dan pengawasan pilkada 2020. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Indramayu yang sudah selalu memberi motivasi dan pengarahan agar tugas dapat dijalankan dengan baik sesuai aturan,” pungkasnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *