Tanpa Bunga dan Jaminan, Pelaku UMKM Merasa Terbantu

oleh -32 views
TANPA JAMINAN: Para penerima program Kredit Usaha Warung Cilik (Kruwcil) saat melakukan akad kredit di wilayah Kecamatan Lohbener, kemarin.

Program Kredit Usaha Warung Cilik (Kruwcil) terus mendapatkan respons positif dari berbagai kalangan masyarakat. Terutama para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Indramayu. Apalagi, situasi masih pandemi Covi-19. Mereka sangat terbantu. Bagaimana prosesnya?

ADUN SASTRA, Lohbener

PARA pelaku UMKM di Kecamatan Lohbener tampak semringah. Mereka secara tertib, bersiap untuk  melakukan pencairan atau akad kredit bantun Kruwcil di aula kantor kecamatan setempat, akhir pekan kemarin.

Kruwcil sendiri merupakan salah satu program unggulan seratus hari kerja dari Bupati Hj Nina Agustina dan Wabup Lucky Hakim bagi .

Ato Susanto, petugas UMKM yang ditunjuk oleh Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA mengatakan, program Kruwcil yang merupakan program seratus hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, mendapat sambutan luar biasa.

Terutama dari para pelaku UMKM yang merasa sangat dibantu dari sisi permodalan. Mereka biasa melakukan akad kredit dilakukan di rumah ketua kelompok. Namun, dengan pertimbangan protokol kesehatan Covid-19, dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Lohbener.

“Yang jelas program tersebut sangat membantu masyarakat. Khususnya para UMKM yang tanpa bunga dan jaminan, bisa mendapat modal,” jelas Ato kepada wartawan, belum lama ini.

Dijelaskan Ato, nasabah penerima program Kruwcil dari desa Lohbener ada 12 orang yang lolos seleksi perbankan. “Total nasabah program Kruwcil yang sudah terealisasikan antara lain dari bjb Cabang Indramayu berjumlah 49 nasabah,” ungkapnya. Kemudian, bjb Cabang Patrol 20 nasabah dan Perumda BPR Karya Remaja ada 193 nasabah.

“Program Kruwcil adalah salah satu program unggulan Bupati Indramayu. Program ini sebagai bentuk realisasi dari visi misi saat kampanye dengan tujuan memberdayakan masyarakat kecil yang memiliki usaha melalui program Kruwcil,” bebernya.

Camat Lohbener H Udin Caswadin mendukung langkah Bupati Indramayu Hj Nina yang membuat langkah nyata dalam mendorong UMKM melalui program Kruwcil tersebut. “Masyarakat benar-benar sangat terbantu dengan progran Kruwcil. Terutama para pelaku UMKM yang ada di pedesaan,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.