Tanggul Kali Tuan Butuh Perbaikan

oleh -247 views
BELUM TERTANGANI: Jebolnya tanggul Kali Tuan di Blok Depok, Desa Krimun, Kecamatan Losarang belum tertangani. FOTO; KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Jebolnya tanggul Sungai Cipanas ternyata bukan satu-satunya penyebab banjir yang merendam 4 desa di wilayah Kecamatan Losarang pada Sabtu, (27/2) kemarin.

Jebolnya tanggul Kali Tuan di Blok Depok, Desa Krimun, juga turut menjadi pemicu. Berbeda dengan tanggul Sungai Cipanas, tanggul Kali Tuan yang jebol hingga mencapai 20 meter sama sekali belum mendapat penanganan.

“Iya belum. Padahal jebolnya hampir bersamaan waktu banjir pertama,”  kata Wira, warga setempat kepada Radar, Minggu (28/2).

Jebolnya tanggul Kali Tuan, ungkap dia, akibat tak kuat menahan tekanan aliran air dari area persawahan. Yang sumbernya berasal dari jebolnya tanggul Sungai Cipanas di Blok Widara Desa Puntang.

Dampaknya, banjir merendam permukiman penduduk di Blok Lapangan Bola dan Blok Karanggandok, Desa Krimun. Demikian pula dengan areal persawahan dan tambak Lele ikut tersapu banjir.

Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh Susilo Bambang SIK melalui Kapolsek Losarang, Kompol H Mashudi SH MH membenarkan. Jebolnya tanggul Kali Tuan di Desa Krimun, belum tertangani. Lantaran upaya perbaikan darurat masih berfokus pada tanggul sungai Cipanas yang jebol. “Mungkin setelah dari sana, langsung ke tanggul Kali Tuan,” kata Kompol H Mashudi SH MH.

Pihaknya mengaku, sudah memberikan masukan kepada Dirut Sungai dan Pantai Kementerian PUPR, Ir Bob Artur Lambozia MSi saat meninjau proses perbaikan tanggul jebol Sungai Cipanas. Kemudian kepada jajaran BBWS Cimanuk Cisanggarung, Dinas PUPR dan BPBD Indramayu.

“Selain tanggul Kali Tuan, saya sampaikan juga adanya tanggul sungai Cipanas kritis yang berlokasi di Desa Santing. Alhmdulillah, langsung direspon untuk secepatnya ditangani,” jelasnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *