Tanggul Jebol, Warga Rancajawat Siaga Banjir

oleh -88 views
MINTA DIPERBAIKI: Kondisi Tanggul Cimanuk di Blok Bangsa masih jebol diterjang banjir Sungai Cimanuk sehingga merendam rumah warga di Desa Rancajawat, beberapa waktu lalu. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Warga tiga blok di Desa Rancajawat Kecamatan Tukdana masih waswas dengan banjir yang menenggelamkan rumah mereka beberapa hari lalu. Bahkan, mereka harus diungsikan ke kantor desa setempat.

Apalagi, sejumlah tanggul di tiga blok yakni, Blok Bangsa, Blok Kemujing, dan Blok Garen, masih belum diperbaiki.

Kuwu Rancajawat Mamet mengatakan, tiga blok di desanya rawan banjir dari luapan Sungai Cimanuk. Dijelaskan Mamet, Blok Bangsa berasal dari tanggul yang jebol, Blok Kemujing tanggul ambles, dan di Blok Garen pintu klep Sungai Cimanuk tidak berfungsi. “Ketika Sungai Cimanuk meluap, pintu klep tidak tertutup rapat sehingga air bisa meluap,” kata Mamet sambil mengatakan saat ini siaga banjir.

Yang terbaru, lanjutnya, adanya longsoran tanggul di Blok Kemujing. “Katanya akan segara diperbaiki oleh pihak BBWSCC, semoga saja benar. Banjir kemarin masih menyisakan trauma dan kekhawatiran warga,” ujarnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Blok Kemujing, Saitor mengatakan, jebolnya tanggul di Blok Bangsa imbas dari tersumbatnya aliran pembuang, sehingga air dari curah hujan dan pembuangan menerobos lewat atas tanggul membuat tanggul terpotong dan jebol.

“Tersumbat sejak lama ada lima tahunan, cuma belum ada respons dari pihak-pihak terkait, kami masyarakat sudah berusaha tapi sia-sia, harus pakai alat berat. Puncaknya kemarin itu pas banjir Cimanuk, ketahuan setelah surut ternyata tanggul sudah jebol,” terangnya.

Dikatakan Saitor, tanggul yang masih jebol berpotensi banjir di permukiman warga karena cura hujan masih tinggi. “Musim penghunjan yang masih terjadi membuat warga waswas dengan meluapnya Sungai Cimanuk. Semoga pihak terkait bisa memperbaiki tanggul yang jebol, ambles, juga pintu klep yang rusak,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *