Tanggul Ciperawan Mulai Diperbaiki

oleh -26 views
MULAI DIPERBAIKI: Tanggul jebol Sungai Ciperawan di Blok Samakrombeng Desa Margamulya Kecamatan Bongas, mulai diperbaiki, Rabu (17/2).

INDRAMAYU-Penduduk di Desa Margamulya, Kecamatan Bongas sempat dihantui bencana banjir susulan akibat debit air Sungai Ciperawan naik. Lebih dari seminggu lamanya, mereka waswas musibah banjir akan kembali melanda. Merendam rumah hingga areal persawahan. Seperti peristiwa sebelumnya yang terjadi pada Senin (8/2) lalu. Hingga membuat mereka merugi secara fisik maupun materil.

Kini kecemasan itu perlahan sirna. Setelah tanggul Sungai Ciperawan yang jebol mulai diperbaiki, Selasa (17/2).

Satu unit alat berat excavator didatangkan untuk menimbun kerusakan tanggul sepanjang 70 meter, lebar 5 meter dan tinggi 1,5 meter yang terletak di Blok Samakrombeng itu.

Kedatangan alat berat milik BBWS Citarum itu sangat ditunggu-tunggu penduduk disana. “Setiap saat saya ditelepon warga terus. Kapan excavator datang. Syukur sekarang sudah tiba, langsung ke lokasi melakukan perbaikan tanggul,” ungkap Pjs Kuwu Margamulya, Carmin SE.

Kekhawatiran warga sangat beralasan. Kerusakan tanggul kian parah, lantaran terus-terusan diguyur hujan deras. Debit Sungai Ciperawan juga sempat mengalami kenaikan.

Mayoritas warga, terutama yang kediamannya dekat sungai tak bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Bersama jajaran TNI, Polri dan pamong desa mereka memilih berjaga-jaga.  Memantau terus perkembangan debit air sungai Ciperawan.

Camat Bongas, Iing Kuswara SSTP MSi mengatakan, perbaikan tanggul jebol ditargetkan tuntas paling lama satu minggu. Pemdes dan masyarakat setempat turut bergotong royong menyediakan puluhan bambu.

Pun demikian, dia berharap, penanganan tanggul bisa dilakukan lebih cepat. Mengingat, curah hujan tinggi masih berlangsung. Tidak hanya di wilayah Kecamatan Bongas, tapi juga di hulu.

“Tanggul yang jebol ini mendesak diperbaiki. Secepatnya. Alhamdulillah sekarang dalam penanganan. Mudah-mudahan perbaikan lancar tidak mengalami kendala,” harapnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *