Syaefudin Siap Berdayakan Pemuda

oleh -302 views

KARANG Taruna Kabupaten Indramayu menggelar Upgrading bagi calon pengurus Karang Taruna tingkat kabupaten dan kecamatan se-Kabupaten Indramayu periode 2020-2025 di Bumi Perkemahan Ipukan, Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Sabtu (9/1).

Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu, H Syaefudin SH menyatakan, tujuan dari upgrading calon pengurus Karang Taruna ini adalah dalam rangka diskusi panel dan motivasi.
“Diskusi ini untuk tukar ide dan gagasan pada rapat kerja nanti, demi mendapatkan program yang terbaik lima tahun mendatang. Adapun motivasi sebagai bahan pembekalan mental sebelum dilantik nanti,” papar H Syaefudin SH.

Lebih lanjut, dikatakan Syaefudin, upgrading dengan tema Mempererat Kekeluargaan dan Meningkatkan Kesetiakawanan Sosial itu, adalah untuk pelatihan dan perkenalan baik para calon pengurus tingkat kabupaten maupun perwakiIan dari 31 kecamatan.

“Alhamdulillah, kegiatan lanjutan dari Temu Karya 14 November 2020 lalu ini menambah semangat akomodatif calon pengurus Karang Taruna beserta Majelis Penasehat Karang Taruna (MPKT) yang berjumlah kurang lebih ada 70 orang dari berbagai unsur yang berbeda, sehingga terselenggara acara ini, berkat kerja keras panitia, saya ucapkan terima kasih,” imbuh Ketua DPRD Kabupaten Indramayu yang akrab disapa Kang Syaefudin ini.

Dijelaskannya, program prioritas Karang Taruna merujuk pada Permensos No 25 tahun 2019 antara lain pelayanan kesejahteraan sosial, rekreasi olahraga, kesenian, kewirausahaan, pengembangan SDM dan pendidikan serta manajemen organisai.
Termasuk, konsolidasi kelembagaan, pembentukan unit kerja teknis, serta program pendidikan, sosial, juga perempuan dan anak.

Selain H Syaefudin SH, kegiatan juga dihadiri pengurus Karang Taruna Kordinator Wilayah III Cirebon Kang Raji, Wakil Ketua Pengurus Karang Taruna Jawa Barat Ediana ST (Kang Ebit), Direktur Karang Taruna Institute Provinsi Jawa Barat Muhammad Satria SSos MSos serta calon pengurus Karang Taruna dari 31 kecamatan dan kabupaten masa bakti 2020-2025.


“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Upgrading ini. Kegiatan ini adalah langkah yang sangat tepat dalam rangka pembekalan keorganisasian, membangun soliditas antar pengurus, serta menyamakan gerak langkah dari tujuan organisasi Karang Taruna ini,” ujar Direktur Karang Taruna Institute Provinsi Jawa Barat Muhammad Satria SSos MSos.
Sesuai Permendagri No 18 Tahun 2018, lanjut Satria, Karang Taruna termasuk dalam Lembaga Kemasyarakatan Desa yang secara regulasi anggarannya diatur oleh pemerintah melalui APBN.


Namun, dirinya menyarankan agar Karang Taruna Kabupaten Indramayu mendorong adanya Peraturan Bupati (Perbup) sebagai payung hukum kuat untuk mengatur anggaran minimal dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa, sesuai dengan program-program yang dicanangkan 5 tahun kedepan.
Untuk diketahui, selain melakukan kegiatan Upgrading, Karang Taruna Kabupaten Indramayu juga melaksanakan Rapat Pleno Pengurus (RPP) I guna membahas administrasi keorganisasian maupun program-program unggulan nantinya. (jml/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *