Stop Sebar Berita Hoaks Insiden Kilang Balongan, Tak ada Kasus Pencurian

oleh -220 views

INDRAMAYU_Insiden ledakan berujung kebakaran hebat tangki gasoline di Pertamina Balongan memasuki hari ketiga. Upaya pemadaman terhadap titik api terus dilakukan petugas di lapangan.

Namun ditengah hiruk pikuk insiden ledakan dan ratusan warga masih bertahan di pengungsian, jutsru berseliweran berita-berita hoaks.

Salah satunya adalah soal informasi gangguan keamanan dan ketertiban yang menyasar warga terdampak.

Beberapa konten berita menyebutkan adanya aksi pencurian dan penjarahan barang berharga di rumah-rumah warga yang ditinggal mengungsi.

Konten yang tidak jelas sumbernya itu bahkan berani mengklaim aksi pencurian itu terjadi saat warga mengosongkan rumah untuk mengungsi.

Keruan konten itu membuat aparat keamanan meradang. Pasalnya selama ini kepolisian setempat belum menerima laporan adanya kasus pencurian yang menyasar rumah warga terdampak di wilayah terdekat dengan pusat ledakan.

“Informasi telah terjadi pencurian dan penjarahan itu sumbernya liar dan tidak jelas. Sampai saat ini kami tidak pernah menerima laporan adanya pencurian rumah warga yang mengungsi,” ungkap Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang, Rabu 31 Maret 2021.

Hafidh menyebutkan, hasil patroli cyber polres menemukan beberapa konten di media sosial yang dianggap berita bohong atau hoaks.

Oleh karenanya ia mengimbau dan mengingatkan pembuat konten agar segera menghapus berita-berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya itu.

“Stop hoaks, bantu masyarakat yang sedang berduka atas musibah di Kilang Balongan dengan berita menenangkan dan positif,” tandas dia.(rilis/dun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *