Sosialisasikan Pilwu Serentak

oleh -236 views
RAPAT KOORDINASI: Forkopimcam Tukdana melakukan sosialisasi pilwu serentak 2021 di Aula Kecamatan Tukdana, Rabu (13/1). FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tukdana melakukan sosialisasi pemilihan kuwu (pilwu) serentak 2021, kepada kuwu dan ketua BPD dari 6 desa di Aula Kecamatan Tukdana, Rabu (13/1).

Pada kesempatan itu, Plt Camat Tukdana H Sutedi SPd MPd mengatakan, di Kecamatan Tukdana ada 6 desa yang akan menggelar pilwu serentak 2021, yaitu Desa Tukdana, Desa Sukadana, Desa Sukalerna, Desa Cangkl, Desa Gadel, dan Desa Sukamulya. Masa jabatan kuwu di enam desa itu, lanjut Sutedi, akan habis pada tanggal 15 Januari 2021.

“Pilwu serentak pelaksanaannya ada 3 opsi tanggal 28 April, 5 Mei, atau 2 Juni tahun 2021,” ungkapnya.

Sedangkan, tahapan proses pemilihan kuwu yang sebelummya terfokus pada satu titik yakni di halaman kantor desa, di tahun 2021 ini pelaksanaan pilwu akan menginguti prosedur protokol kesehatan, dimana proses tahap pemungutam  suara akan dilaksanakan dengan sistem per TPS sedangkan rekapitulasi penghitungan suara di balai desa.

“6 desa nantinya akan dijabat oleh Pjs kuwu dari kalangan ASN sampai kuwu terpilih hasil pilwu serentak dilantik, untuk pelantikan Pjs dilakukan pada Jumat,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Tukdana Iptu Iwa Mashadi SH MH didampingi Danramil Bangodoa Kapten Inf Sugiyanto mengatakan, pihaknya akan siap mengamankan pilwu serentak di wilayah Kecamatan Tukdana.

Iwa berpesan kepada BPD, panitia pilwu dan petugas TPS agar mempersiapkan  tempat yang aman dalam pelaksanaan pilwu serentak yang sistemnya seperti pilkada, dimana proses pemungutannya dilakukan per TPS.

Dalam kesempatan itu, Iwa juga menyinggu SE Bupati Indramayu Nomor : 012/ST. Covid.19- IM/XXI/2020 tentang Toko Modern seperti supermarket atau minimarket yang mulai beroperasi pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Pihaknya, akan terus laksanakan patroli yustisi di wilayah yang banyak yang terkonfirmasi Covid-19 dengan gugus tugas kecamatan. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *