SMKN 1 Terisi Kembangkan Tanaman Hidroponik

oleh -80 views
HIDROPONIK: Kepala SMKN 1 Terisi Kabupaten Indramayu, Haryono Suhendro (kanan), saat panen perdana sayuran hidroponik di Green House Agribinis Tanaman SMK Nesater, Jumat (30/7). FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – SMKN 1 Terisi (Nesater) merupakan salah satu sekolah negeri di Kabupaten Indramayu yang membuka Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Memiliki visi “Menjadikan SMK Negeri 1 Terisi sebagai Sekolah Vokasi yang Unggul di Jawa Barat pada Tahun 2030”, Nesater terus melakukan gebrakan-gebrakan yang luar biasa terutama pada pelayanan dan inovasi pendidikan.

Hal ini tentu dilakukan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan kepuasan bagi seluruh warga sekolah serta masyarakat secara umum. Salah satu bentuk inovasi pendidikan di bidang pertanian yang dilakukan Nesater adalah membangun instalasi hidroponik di Green House Agribisnis Tanaman.

Panen perdana sayur hidroponik di SMK Negeri 1 Terisi telah dilaksanakan pada Kamis (29/7) lalu. Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur pimpinan dan beberapa guru di lingkungan SMK Negeri 1 Terisi.

“Ini merupakan awal yang sangat baik, dan kedepan kita akan terus memperbaharui dan mengevaluasi. Sehingga ini dapat menjadi satu kekuatan dan keunggulan di kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura,” kata Kepala SMKN 1 Terisi, Haryono Suhendro ST MA MPd.

Sayuran daun merupakan komoditas yang paling sering dan memungkinkan untuk dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik. Jenis sayuran yang dipanen dalam kegiatan ini antara lain Pakcoy, Sawi India, Bayam Jepang, Kailan, dan Selada Hijau.

Instalasi hidroponik yang dipasang di Green House Agribisnis Tanaman SMKN1 Terisi baru 404 lubang tanam yang dimiliki. “Ke depan kita coba untuk lebih banyak lagi yang bisa kita desain dan kita buat dengan harapan produk yang dihasilkan jauh lebih baik.” tambahnya.

Hidroponik memang bukan teknik baru di dalam dunia pertanian. Namun faktanya, masih banyak petani yang belum mengetahui teknik yang sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 80an ini, khususnya petani di desa-desa yang tidak tersentuh teknologi.

Perkembangan teknologi pertanian yang begitu luar biasa sekarang ini, diharapkan dapat merubah image pertanian menjadi profesi yang diminati oleh semua kalangan termasuk kaum milenial baik di desa maupun di daerah perkotaan.

Penanggung Jawab Instalasi Hidroponik SMKN 1 Terisi, Suranto S ST mengatakan, inovasi pembelajaran dengan membangun instalasi hidroponik di SMKN 1 Terisi ini diharapkan dapat merubah mindset dan menarik minat para orang tua dan generasi muda khususnya yang masih duduk di bangku SMP/MTs untuk belajar pertanian dan bersekolah di ATPH SMKN 1 Terisi. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.