SMA Negeri 1 Haurgeulis Mulai Lakukan Adaptasi Kebiasaan Baru

oleh -152 views
Kho-Sekolah Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru2
TERAPKAN AKB: SMAN 1 Haurgeulis menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) menjelang tahun pelajaran baru. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR Indramayu

INDRAMAYU-Pandemi Covid-19, sekolah di wilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (Inbar) mulai melakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB) menjelang tahun pelajaran baru 2020/2021.

Meskipun belum ada kejelasan kapan segera dibuka, sejumlah sekolah mulai terapkan protokol kesehatan secara mandiri.

Seperti di SMA Negeri 1 Haurgeulis (Smantulis). Penerapan AKB sudah dilaksanakan sejak masa Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahap 1 bersamaan dengan dibentuknya Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Smantulis.

“Satgas Covid-19 internal sudah dibentuk untuk penerapan AKB ini. Fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu tubuh juga sudah tersedia dibeberapa titik. Kemudian setiap orang, baik guru, siswa, dan tamu diwajibkan menggunakan masker,” terang Kepala Smantulis, Ambar Triwidodo SPd kepada Radar, Senin (29/6).

Ia menjelaskan, awal tahun pelajaran baru akan dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang. Hanya saja belum dapat dipastikan kapan sekolah akan dibuka. Pun demikian, pihaknya sudah merencanakan desain pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Salah satu konsep kegiatan belajar di masa AKB salah satunya pembatasan jam sekolah yaitu per shif. Murid akan masuk seperti biasa namun jumlahnya dikurangi menjadi setengahnya. “Demikian pula jam pelajarannya, akan diatur,” katanya.

Hal tersebut dinilai mampu mengurangi kegiatan murid ketika di dalam sekolah. Jikapun cara itu belum bisa dilakukan maka pembelajaran kembali dilakukan melalui online atau daring.

“Tetap, kami menunggu panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran baru di masa pandemi dari Dinas Pendidikan. Prinsipnya kami siap dan sudah menerapkan AKB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tandasnya. (kho)