Siswa SMPN Satu Atap 2 Krangkeng Ciptakan Manisan Mangga dan Yoghurt, Rasanya Dijamin Yahud

oleh -32 views
KREATIF : Siswa SMPN Satu Atap 2 Krangkeng bersama kepala sekolah Hj Eti Herawati MPd, dan Kabid pembinaan SMP H Supardo MPd memperlihatkan hasil kreativitas mereka, kemarin. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

Meski berada di daerah terpencil, di perbatasan Kabupaten Indramayu dengan Kabupaten Cirebon, SMP Negeri Satu Atap 2 Krangkeng Kabupaten Indramayu terus mengalami kemajuan, dan banyak melakukan inovasi. Hal ini tentu tidak terlepas berkat kepemimpinan Hj Eti Herawati MPd selaku kepala sekolah. Wanita yang sarat prestasi ini memang dikenal kreatif dan inovatif.

UTOYO PRIE ACHDI, Indramayu

LINGKUNGAN pendidikan sebagai wahana untuk mempersiapkan generasi bangsa, harus membekali lulusannya dengan menambah kompetensi keterampilan berwirausaha.

Kompetensi kewirausahaan adalah salah satu kemampuan yang dimiliki seorang pemimpin, dalam mewujudkan nilai-nilai kewirausahaan di sekolah.

Kewirausahaan di sekolah dapat diwujudkan manakala seorang kepala sekolah memiliki kompetensi yang mumpuni. Yaitu yang memiliki karakter inovatif, bekerja keras, memiliki motivasi kuat, pantang menyerah, memiliki naluri kewirausahaan, berani mengambil keputusan, visioner, dan mampu memberi keteladanan bagi warga sekolah.

Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah akan mampu menciptakan sekolah yang mandiri dan unggul serta mampu mewujudkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan

Hj Eti Herawati selaku kepala sekolah berhasil mengembangkan kewirausahaan di sekolahnya. Ia menjalin kerja sama dengan orang tua siswa dalam membuat manisan, keripik, selai mangga dan yoghurt. “Kewirausahaan untuk anak bukan bermaksud untuk mempekerjakan anak, namun menanamkan nilai-nilai kewirausahaan sejak dini,” ujar Hj Eti.

Dikatakan Eti, nilai-nilai kewirausahaan mengandung karakter-karakter baik dalam kehidupan anak.

Melalui pendidikan kewirausahaan ini diharapkan kelak anak dapat mandiri dan memberikan kesempatan bekerja bagi orang lain.

Jiwa entrepreneurship ini dapat melatih anak untuk mampu bertindak dan bersikap cerdas dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Para orang tua siswa juga ikut mendukung adanya program dari sekolah tersebut dan menilai baik untuk mengembangkan potensi anak.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, H Supardo MPd mengatakan, para siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Krangkeng dibawah kepemimpinan Hj Eti Herawati telah berhasil mengembangkan kreatifitasnya. Salah satu produk yang dihasilkannya adalah yoghurt dan manisan buah mangga.

“Saya telah mencoba hasil karya siswa ini dan ternyata luar biasa, jika mendapatkan bimbingan secara berkelanjutan, jiwa kewirausahaan para siswa dapat tumbuh dan dapat dijadikan sedikit bekal untuk mereka. Manisan mangganya, saya kira mampu bersaing dengan yang ada di toko-toko besar,” ungkap Supardo.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.