Siap Bangkitkan Ekonomi Warga

oleh -62 views
AKRAB: Sekretaris Umum Karang Taruna Kabupaten Indramayu Tarmudi SKom MM (duduk kiri) dan Ketua Karang Taruna Institute Jawa Barat Mohamad Satria (duduk kanan) foto bersama dengan pengurus Karang Taruna Kabupaten Indramayu, kemarin. FOTO: JAMAL/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Kegiatan Karang Taruna Kabupaten Indramayu harus berdampak pada peningkatan ekonomi warga. Demikian dikatakan Ketua Karang Taruna Indramayu Syaefudin SH, kemarin.

Untuk itu, lanjut Ketua DPRD Kabupaten Indramayu ini, salah satu program Karang Taruna adalah warung desa (Wardes) yang bisa membangikan ekonomi warga di perdesaan.

“Seluruh pengurus diharapkan mejadi agen Wardes yang bisa mendorong untuk kesejahteraan warga Karang Taruna,” ujar Syaefudin saat dikonfirmasi via telepon seluler.

Lebih lanjut, dikatakan Syaefudin, selain program Wardes, juga ada tiga program lainnya yakni pendampingan UMKM, Laku BCA, dan financial literacy.

“Rencananya, empat program utama akan segera launching setelah kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Indramayu 2021-2025 dilantik tidak lama lagi, setelah pelantikan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA dan Wabup Lucky Hakim SE,” ungkapnya.

Sementara itu, pengurus Karang Taruna Kabupaten Indramayu melakukan penjajakan dengan Rumah Sahabat Desa dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi warga Karang Taruna.

Sekretaris Umum Karang Taruna Kabupaten Indramayu Tarmudi SKom MM menjelaskan empat program utama yang akan diluncurkan. “Wardes (Warung Desa) adalah warung yang berbasis aplikasi digital yang mempermudah kehidupan sehari-hari serta menghubungkan antara desa dengan kota melalui produk-produk unggulan yang di butuhkan oleh seluruh kalangan masyarakat,” jelas Pjs Kuwu Desa Cangkring Kecamatan Cantigi.

Terkait program Pendampingan UMKM, lanjut Tarmudi, bertujuan membantu promosi dan penjualan produk UMKM yang akan dipromosikan di marketplace yang telah bermitra.

Sedangkan program Laku BCA, kata Tarmudi, adalah rekening perorangan dengan persyaratan yang mudah dipenuhi dan dapat digunakan transaksi tidak melalui kantor cabang BCA.

“Untuk program keempat financial literacy merupakan pelatihan kepada masyarakat supaya masyarakat bisa mengelola keuangan di dalam kehidupannya,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Karang Taruna Institute Jawa Barat Mohamad Satria sangat mengapresiasi program Karang Taruna Indramayu yang berkomitmen meningkatkan perkonomian warga. (jml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *