Segera Gelar Festival Mangga

oleh -72 views
MANGGA: Seorang pedagang mangga di Indramayu tengah menunggu pembeli, kemarin. Festival Mangga dan UMKM bakal mengguncang Indramayu dalam waktu dekat ini FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Kabupaten Indramayu dikenal sebagai daerah penghasil Mangga. Namun, sampai sejauh ini, belum pernah menggelar kegiatan semacam festival mangga.

Menjawab keinginan terabyte, dalam waktu dekat akan digelar Festival Mangga dan UMKM Indramayu 2021. Rencananya festival tersebut akan digelar pada tanggal 17-18 Desember 2021 mendatang, di Pendopo Indramayu.

Festival ini juga akan menghadirkan UMKM yang ada di 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu, yang akan memamerkan produk unggulannya.

Ketua Panitia, Jay Krhesna menjelaskan, Festival Mangga dan UMKM Indramayu 2021 ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilakukan di Indramayu.

Tujuannya adalah untuk mengangkat dan menstabilkan harga mangga di pasaran. Dengan begitu diharapkan dapat membantu para petani mangga.

Di samping itu, membantu mengenalkan mangga Indramayu untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Sehingga mempunyai potensi ekspor ke luar negeri.

“Festival ini adalah inisiatif para UMKM di Indramayu. Kita akan mengenalkan berbagai macam produk olahan mangga dalam festival ini,” jelasnya, Selasa (7/12) .

Jay Krhesna menjelaskan, festival ini nantinya akan dibuka secara resmi oleh Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar.

Guna menarik massa, selain memamerkan berbagai macam olahan produk mangga dari para UMKM, juga diadakan pagelaran seni dan budaya tradisional khas Indramayu di hari pertama, seperti Berokan, Tari Topeng, Sintren, dan lain-lain.

Selain itu, juga akan ada ajang pencarian bakat yakni Arjuna dan Srikandi Mangga. Dalam ajang tersebut, masing-masing kecamatan akan mengirimkan perwakilannya, yang paham dengan produk olahan mangga di kecamatan masing-masing.

“Dan di hari kedua akan ada pentas dangdut dan tarling, dengan penampilan spesial dari Diana Sastra,” ujar pemilik Warung Kopi Kopid ini.

Festival ini, ujar Jay Krhesna, akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, beserta perusahaan-perusahaan daerah. Masyarakat bisa mengunjungi festival ini secara gratis. “Pengunjung bisa mencicipi produk yang dibawa oleh UMKM Indramayu, sebelum membelinya,” pungkasnya. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.