Satgas Pangan Harus Proaktif

oleh -165 views
BERI KETERANGAN: Anggota DPR RI Fraksi PDIP H Ono Surono ST menyoroti adanya indikasi garam impor membanjiri pasar lokal, kemarin. FOTO; UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Ono Surono ST, meminta kepada Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap garam impor. Pasalnya, ada indikasi garam impor saat ini mulai merembes ke pasar lokal. Sehingga harga garam di kalangan petani anjlok.

“Satgas Pangan harus proaktif melakukan pengawasan di lapangan. Terutama impor garam yang seharusnya buat industri, malah merembes ke lokal,” jelas Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Provinsi Jawa Barat ini saat jumpa pers usai menerima kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan RI di TPI Karangsong Indramayu, kemarin.

Pemerintah, lanjut Ono, seharusnya tidak  melakukan impor garam konsumsi untuk menutup kebutuhan di dalam negeri. Tinggal bagaimana meningkatkan produksi garam di lingkungan petani. Terutama, garam impor jangan sampai membanjiri pasar lokal.

“Selama ini ada indikasi garam impor mulai masuk ke lokal. Sehingga yang terjadi di lapangan, harga garam anjlok karena dibanjiri garam impor,” tegasnya

Dia memberikan aspirasi melalui Menteri Kelautan dan Perikanan agar produksi garam lokal penyerapannya diperhatikan. Supaya ekonomi petani garam lokal bisa tumbuh. “Harganya juga diharapkan tetap stabil, meskipun bersaing dengan garam impor di pasar maupun yang beredar di masyarakat,” pungkas Ono. (dun/oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *