Satgas Helat Simulasi Vaksinasi Covid-19

oleh -59 views
SIMULASI: Puluhan Nakes, TNI, dan Polri yang tergabung dalam tim GTTP Covid-19 Kecamatan Anjatan melaksanakan simulasi vaksinasi di Halaman UPTD Puskesmas Anjatan, Selasa (26/1). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kecamatan Anjatan menggelar simulasi vaksinasi, Selasa (26/1). Simulasi dilakukan untuk mengetahui potensi masalah yang muncul saat nanti berlangsungnya vaksinasi masal.

Pantauan Radar Indramayu, bertempat di halaman UPTD Puskesmas Anjatan, simulasi melibatkan puluhan tenaga kesehatan, TNI, dan Polri.

Rangkaian tahapan diperagakan. Diantaranya calon penerima vaksin wajib cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan.

Kemudian, sebelum vaksinasi ada beberapa tahapan yang harus dilalui, Dimulai dari pendaftaran, wawancara, pemeriksaan dokter, vaksinasi, dan observasi. Penerima vaksin juga akan mengisi data diri hingga riwayat penyakit penyerta.

Tak hanya itu, dilaksanakan pula penangangan ketika terjadi insiden tidak terduga. “Semisal ada warga yang pingsan saat antre. Itu juga disimulasikan untuk melihat kesigapsiagaan petugas,” kata Ketua Satgas Covid-19, Kecamatan Anjata Opik Hidayat SSos didampingi Danramil 1614/Anjatan Kapten Czi Samsudin dan Kapolsek Anjatan AKP Ali Anwar Y SE.

Simulasi sangat penting dilakukan. Supaya ketika tiba waktunya vaksinasi, sudah tidak ragu-ragu lagi karena sudah terbiasa saat simulasi. Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah pengaturan orang untuk tetap disiplin menerapkan prokes. Yaitu menjaga jarak, memakai masker dan cuci tangan pakai sabun.

Opik Hidayat menambahkan, program vaksinasi masal di Kecamatan Anjatan sendiri direncanakan berlangsung mulai awal bulan Februari mendatang. Tahapan pertama untuk pemberian kepada para tenaga kesehatan. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *