Satgas Covid-19 Bagikan Masker

oleh -14 views
PROKES: Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Jatibarang sosialisasi prokes kepada warga yang tidak memakai masker saa antre pembagian BST, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Tingkat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu masih tinggi. Hal itu, mendorong  jajaran Polsek Jatibarang gencar melaksanakan penertiban masyarakat yang tidak mengenakan masker terutama di tempat-tempat umum.

Dibantu anggota Koramil Jatibarang, tim melakukan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) dan membagikan masker kepada warga yang tidak pakai masker.

Pendisplinan warga untuk mematuhi prokes juga dilakukan petugas gabungan saat warga menunggu antrean pembagian Bantuan Langsung Tunai (BST) di wilayah Kecamatan Jatibarang, Aula Kecamatan Jatibarang, dan Gedung MUI Jatibarang.

Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh S Herlambang melalui Kapolsek Jatibarang, Kompol Alka Nurani mengatakan, kegiatan pembagian masker kepada warga oleh anggotanya bersama anggota Koramil Jatibarang adalah bentuk sinergi Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19 Kecamatan Jatibarang dalam mengawal dan penegakan aturan prokes, serta mendisiplinkan penerapan prokes kepada seluruh warga di wilayah Kecamatan Jatibarang.

Selain itu, menyosialisasikan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara mikro di Kabupaten Indramayu khususnya di Kecamatan Jatibarang.

“Kami memberikan pemahaman kepada warga di Indramayu sedang melaksanakan PPKM mikro, sadarkan warga pentingnya penerapan protokol kesehatan di dalam keluarga dan lingkungan,” terangnya.

Dalam kegiatan pendisiplinan prokes, lanjut Alka, pihaknya ikut serta membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker saat berada di lingkunan kantor kecamatan. Selain itu, lanjutnya, di setiap desa telah dibentuk posko PPKM dalam rangka membangun masyarakat desa dalam mematuhi prokes.

“Penanganan Covid-19 difokuskan di tingkat desa. Sistemnya zonasi tingkat RT dan RW, karena klaster dari lingkungan keluarga sangat berpotensi. Sehingga, penerapan prokes dimulai dari lingkungan keluarga untuk melidungi keluarga dan masyarakat dari Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, warga Jatibarang Nasikin mengatakan, langkah tim Satgas Covid-19 Kecamatan Jatibarang yang mendisiplinkan warga dan membuat posko di tingkat desa harus didukung.

Menurutnya, banyak penularan Covid-19 dari klaster keluarga, sehingga dibutuhkan pengawasan yang ketat dan perhatian serius oleh masyarakat. “Meskipun kontak antara anggota keluarga tidak bisa di hindari, paling tidak ketika keluar rumah anggota keluarga saling mengingatkan pada keluarga untuk memakai masker dan selalu bawa handsanitizer untuk mencegah penularan Covid-19,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *