Satgas Awasi Pendaftaran Calwu

oleh -339 views
PENJAGAAN: Petugas Polsek dan Koramil Jatibarang mengawal proses pendaftaran bacalwu di Desa Bulak dan mengawasi penerapan prokesnya, kemarin FOTO:ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Jatibarang menerjunkan personelnya untuk mengawasi proses pendaftaran calon kuwu.

Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh S Herlambang melalui Kapolsek Jatibarang Kompol Alka Nurani mengatakan, langkah Satgas untuk mengantisipasi perhelatan kuwu serentak tidak menjadi kluster baru penyebaran virus corona atau Covid-19.

Apalagi, Kecamatan Jatibarang merupakan kecamatan terbanyak yang menggelar pilwu serentak, yakni digelar di 11 desa.

Untuk itu, lanjut Alka Nurani, pelaksanaan pemilihan kuwu (pilwu) menjadi perhatian sendiri bagi tim Satgas Covid-19 tingkat kecamatan, terutama dalam mengawal tahapan demi tahapan proses pilwu. “Setiap tahapan kita menerjunkan pembina desa dari Polri dan TNI (Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa) dan mengawasi penerapan protokol kesehatan terutama saat proses pendaftaran,” ujar Alka.

Lebih lanjut, dikatakan Alka, di setiap desa  telah dibentuk posko PPKM skala mikro. Dimana, petugas yang ada di posko ikut mengawal pelaksanaan pilwu. “Mengawasi pelaksanaan penerapan prokesnya saat pendaftaran calon kuwu, apalagi kita masih masa PPKM sampai tanggal 22 Maret 2021,” tuturnya.

Lebih lanjut, dikatakan Alka, dalam penerapan prokes saat pendaftaran calon kuwu, panitia sebelumnya telah menginstruksikan kepada para bakal calon kuwu ketika akan mendaftar di panitia pilwu untuk tidak mengerahkan massa pendukung, dan wajib menerapkan aturan prokes saat berada di lingkungan kantor kuwu.

“Batasi yang masuk mengantar calon kuwu saat mendaftar, maksimal 10 orang tempat duduk juga di atur jaraknya. Personel TNI Polri, pembina desanya masing-masing diintruksikan mengawasi dan lakukan pengamanan. Kita imbau agar wajib terapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” tandasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Jatibarang Suryana mengatakan, tahapan Pilwu di Kabupaten Indramayu perlu mendapat perhatian dari Satgas Penanganan Covid-19 di setiap kecamatan, terutama di Kecamatan Jatibarang yang paling banyak desa yang menyelanggarakan pilwu serentak nanti.

“Sebagai masyarakat Jatibarang mengapresiasi petugas yang ikut mengawal dan mengawasi penerapan prokes. Jangan sampai pilwu ini berpotensi penyebaran virus corona, mungkin pengawasan prokes oleh tim satgas PPKM di tingkat desa bisa mengingatkan para bakal calon kuwu dalam berkampanye jangan sampai menimbulkan kerumunan dan patuhi prokes,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *