Sapu Bersih Eceng Gondok

oleh -60 views
SAPU BERSIH: Peronel Polsek Losarang bersama warga dan perangkat Desa Santing melaksanakan aksi bersih-bersih tanaman eceng gondok di Kali Pengalap, kemarin. FOTO: ISTIMEWA

INDRAMAYU-Jajaran Kepolisian Sektor Losarang bersama warga dan perangkat Desa Santing menggelar bakti sosial aksi bersih-bersih Kali Pengalap.

Aksi bersih-bersih dilakukan dengan mengangkat hamparan eceng gondok sepanjang 200 meter yang menutupi Kali Pengalap. Gerakan sapu bersih eceng gondok itu salah satu upaya untuk mengantisipasi bencana banjir.

Mereka antusias membersihkan dan mengangkut eceng gondok yang menutupi permukaan sungai. Puluhan peserta aksi bersih-bersih itu turun ke sungai dan membabad eceng gondok menggunakan peralatan seperti arit, garukan, cangkul.

Selanjutnya diangkat ke atas untuk diangkut menggunakan armada sampah. Beberapa pohon yang condong ke aliran sungai juga ditebang.

Kapolres Indramayu AKBP Hapidh Susilo Bambang SIK melalui Kapolsek Losarang Kompol H Mashudi SH MH mengatakan, Kali Pengalap merupakan salah satu titik rawan banjir.

Untuk itu, pihaknya mengajak pemerintah desa dan masyarakat bersama mencegah banjir dengan membersihkan sungai dari tanaman eceng gondok yang tumbuh subur di Kali Pengalap.

“Eceng gondok menyumbat aliran air. Sehingga saat turun hujan dan debit air sungai meningkat, air kerap melimpas ke rumah-rumah warga di sekitar Kali Pengalap,” terang Kapolsek H Mashudi dibenarkan Kuwu Santing Hj. Saeroh Rojak kepada Radar, kemarin.

Gerakan inipula diimbangi dengan sosialisasi kepada masyarakat tentang menjaga lingkungan. Mereka juga diajak bergotong royong membersihkan sampah rumah tangga yang mencemari sungai.

“Kita juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah atau limbah rumah tangga ke sungai. Warga yang tinggal disepanjang pinggiran Kali Pengalap juga diminta waspada terhadap ancaman musibah banjir,” jelas Kapolsek Mashudi. (tim)