Sambut Ramadan, Musala Berbenah

oleh -35 views
LEBIH AWAL: Pengurus musala di wilayah Kecamatan Anjatan mulai berbenah menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1442 H, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU –2021 ini adalah tahun kedua bagi umat muslim di seluruh dunia berada dalam situasi pandemi Covid-19. Tak terkecuali di Bumi Wiralodra.

Namun, masih berlangsungnya wabah virus corona tidak menyurutkan semangat muslim menyambut bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah. Bahkan persiapan dilakukan lebih awal.

Seperti terlihat di sejumlah musala di wilayah Kecamatan Anjatan, Senin (22/3). Umat muslim bergotong royong membenahi musala. Mereka juga melakukan renovasi agar musala terlihat lebih cantik, nyaman supaya jamaah lebih betah melaksanakan ibadah khususnya ketika salat berjamaah.

“Sudah rutin setiap tahun. Menjelang bulan puasa, musala kami direnovasi,” kata Jumadi, Ketua RT di Desa Kopyah.

Tahun ini, lanjutnya, renovasi dilakukan secara menyeluruh. Tidak hanya didalam musala, tapi juga lingkungannya diperbaiki. Seperti membuat saluran pembuangan air dari tempat wudhu. “Supaya lebih sehat. Kebersihan terjaga, Makanya persiapan dilakukan lebih awal,” ucapnya.

Pengurus musala lainnya, Ade membenarkan. Hampir semua musala di wilayah Kecamatan Anjatan melakukan aktivitas serupa. Biasanya, kegiatan renovasi musala akan berakhir beberapa hari menjelang bulan puasa tiba. Hal ini menandakan, musala akan tetap menggelar ibadah salat tarawih berjamaah seperti biasa pada bulan Ramadan.

Guna memastikan kelancaran dan keamanan ibadah, beberapa musala sudah  melakukan sejumlah persiapan khususnya dalam upaya mencegah penularan virus corona.

Seperti rutin melakukan penyemprotan cairan pembunuh virus atau disinfektan di lantai, menggulung karpet untuk dibersihkan, menjaga jarak antar saf sampai meminta warga yang sakit untuk menunda dulu salat berjamaah dimusala. “Sama seperti tahun lalu. Protokol kesehatan tetap dilaksanakan,” tuturnya.

Seiring dengan itu, pihaknya masih menunggu panduan atau tuntunan ibadah bulan suci Ramadan di tengah pandemi corona yang dikeluarkan oleh MUI.

“Tetap kami akan manut keputusan pemerintah, MUI dan pihak kepolisian. Sederhananya, kalau masjid jami melaksanakan salat tarawih, musala ikut. Demikian pula sebaliknya,” terangnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.