RTH Jatibarang Jadi Tongkrongan Anjal

oleh -40 views
NONGKRONG: Rombongan anak-anak jalanan berada di areal RTH Jatibarang, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jatibarang yang menjadi ikon baru Kabupaten Indramayu, justru menjadi tempat singgah bagi anak jalanan (anjal). Anak jalanan yang sering di lokasi RTH banyak yang berasal dari Cirebon, Subang dan Majalengka. Demikian dikatakan petugas keamanan RTH Jatibarang, Abdul kepada Radar, belum lama ini.

Selain masih berstatus pelajar, lanjut Abdul, anak jalanan yang sering di RTH juga banyak yang putus sekolah. “Sering juga orang tua yang merasa kehilangan anaknya sampai berhari-hari mencari di RTH,” ujarnya pada Radar, Minggu (21/2).

Bahkan, lanjut Abdul, sebelum wilayah Kabupaten Indramayu menerapkan pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, RTH dijadikan tempat bermalam bagi rombongan anak jalanan.

“Sekarang pada bubar sendiri, karena kami bersama Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Jatibarang rutin menertibkan para anjal. Apalagi sekarang dibatasi. Sehingga siapapun yang ada di sekitar RTH akan di tertibkan,” tuturnya.

Dengan penertiban secara rutin, lanjutnya, tidak ada lagi gerombolan anak jalan berkeliaran atau bermalam di sekitaran RTH.

“Mereka saat ini berada di RTH pada pagi hingga sore hari. Pengunjung risih tapi belum kearah yang meresahkan,” katanya.

Sementara itu, salah seorang anak jalanan asal Cirebon yang enggan disebut namanya, mengatakan, dirinya berasama empat rekannya dari Kabupaten Cirebon datang dengan cara mengompreng kendaraan mulai dari truk sampai pikap terbuka. “Saya bersama teman saya sudah seminggi disini (RTH). Kami semua putus sekolah,” katanya sambil mengatakan aktivitas yang dilakukan adalah mengamen. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *