Razia Sasar Bus Penumpang, Polisi Gencarkan Operasi Premanisme dan Pungli

oleh -57 views
SASAR PREMAN: Petugas Polsek Losarang melaksanakan razia premanisme sekaligus berbagi masker gratis kepada para penumbung bus, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Aparat Kepolisian Resor Indramayu menggalakan operasi penindakan aksi premanisme di sejumlah titik wilayah Bumi Wiralodra. Hal ini menyusul instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rangka pemantapan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibnas).

Di wilayah hukum Polsek Losarang, operasi penindakan aksi premanisme tersebut mulai dari tempat pemberhentian angkutan umum, pasar, perempatan jalan hingga area industri.

“Semua lokasi yang rawan aksi premanisme kami sasar. Operasi ini tentunya untuk mengamankan berbagai gangguan yang meresahkan masyarakat,” jelas Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh Susilo Bambang SIK melalui Kapolsek Losarang, Kompol H Mashudi SH MH kepada Radar, kemarin.

Salah satunya adalah membersihkan preman di bus penumpang. Upaya ini dilakukan lantaran banyaknya keluhan masyarakat mengenai ketidakamanan di dalam angkutan umum.

Para preman berkedok pengamen sering meresahkan para penumpang karena meminta uang dengan cara memaksa.

Selain memburu para tukang peras, petugas juga menebar imbauan mengnai penerapan protokol kesehatan. Penumpang dibagikan masker supaya mencegah terjadinya penularan Covid-19 dan diperingati untuk selalu menjaga jarak.

Kapolsek Losarang, Kompol H Mashudi melanjutkan, lokasi lain yang dituju dari operasi premanisme adalah kawasan industri seperti PT Chang Jui Fang Desa Pangkalan Kecamatan Losarang.

Selain razia juga dilakukan pembinaan terhadap keompok Karang Taruna, kuli bongkar, pengurus supir truk dan manajemen PT Chang Jui Fang.

“Dalam pembinaan ini kami ingatkan agar kawasan industri harus steril dari  praktek pungli apapun bentuknya, karena meresahkan dan bisa di pidana. Jika terjadi, segera melapor. Pasti kami akan tindaklanjuti dan diproses secara hukum yang berlaku,” jelas Kompol Mashudi.

Sementara itu, Polsek Jatibarang juga melakukan razia premanisme di sejumlah titik terutama di sentra perekonomian dan perkumpulan masyarakat, seperti di RTH dan Pasar Mingguan Jatibarang, Minggu (13/6).

Pada giat razia premanisme yang berlangsung selama dua hari itu, dipimpin Kapolsek Jatibarang Kompol Alka Nurani SH).

Kapolsek Jatibarang Kompol Alka Nurani mengatakan, kegiatan pemberantasan aksi premanisme di sejumlah titik wilayah hukum (wilhum) Polsek Jatibarang sebagai upaya menertibkan premanisme yang meresahkan masyarakat dan mengganggu kamtibmas.

“Dalam razia hari ini (Minggu) kami mengamankan sebanyak 6 orang, kemarin Sabtu 9 orang. Mereka yang diamankan diduga telah meminta uang dengan modus sebagai pengurus pasar sandang, dan ada yang bermodus sebagai tukang parkir liar,” terang Alka.

Selanjutnya, lanjut Alka, mereka yang terjaring razia didata, dilakukan pembinaan dan membuat pernyataan untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan tidak mengganggu ketertiban umum.

“Jajaran Polsek Jatibarang juga terus melakukan patroli untuk mengantisipasi tindakan premanisme di wilayah hukum Polsek Jatibarang,” katanya.

Langkah penertiban premanisme mandapat sambutan baik dari semua kalangan masyarakat di wilayah Kecamatan Jatibarang. Salah satunya, Supri (43). Dia berharap, dengan razia premanisme dan pungli bisa membuat jera dan menjadikan Jatibarang lebih nyaman untuk orang bekerja dan berusaha. (kho/oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.