Ratusan Warga Antre Membuat Dokumen Kependudukan di Yayasan Da’i An-Nur Losarang

oleh -75 views
DOKUMEN BARU: Warga Desa Karimun dan Muntur Kecamatan Losarang menunjukan dokumen kependudukan yang baru, kemarin. Dokumen lama hilang akibat terendam banjir. FOTO: ISTIMEWA

Banjir yang menerjang sejumlah desa di Kabupaten Indramayu tak hanya menyisakan penderitaan bagi masyarakat. Namun juga mengakibatkan banyak dokumen kependudukan yang hilang.

ADUN SASTRA, Losarang

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu, menggelar pelayanan penggantian dokumen kependudukan yang rusak akibat banjir pada Rabu (24/2), di Desa Krimun Kecamatan Losarang.

Puluhan petugas dari Disdukcapil diterjunkan untuk melayani warga di Desa Krimun dan Muntur Kecamatan Losarang Indramayu. Pelayanan mobile dari Disdukcapil ini dilaksanakan di Halaman Yayasan Da’i An-Nur Desa Krimun Losarang.

Ratusan kepala keluarga (KK) rela antre untuk membuat dokumen kependudukan yang rusak. Mereka mengaku senang dengan adanya kegiatan pelayanan mobile dari Disdukcapil guna membuatkan dokumen kependudukan yang hilang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu terpilih Nina Agustina yang peduli dengan masyarkat. Terima kasih juga diucapkan kepada Disdukcapil yang segera merespons keluhan masyarakat,” jelas Eli Indriyani (30), warga Krimun kepada Radar Indramayu usai menerima KTP dan KK yang baru.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu H Moh Iskak Iskandar melalui Kabid Pendaftaran dan Pelayanan Penduduk, H Kanadi Monoisman dan Kabid Catatan Sipil Yaya Mulyasi menjelaskan, untuk kegiatan perdana melayani pembuatan dokumen kependudukan yakni KTP, KK dan Akta Kelahiran yang hilang akibat terdampak banjir di dua desa, yakni Desa Muntur dan Krimun Kecamatan Losarang Indramayu. Kedua desa tersebut, lanjut Yaya, sebagai desa yang sangat parah terendam banjir, jika dibandingkan dengan desa lainnya.

“Ada ratusan warga yang sudah mencetak dokumen kependudukannya. Hal ini untuk meringankan beban mereka dari penderitaan banjir,” jelasnya.

Untuk hari kedua, Disdukcapil akan melaksanakan pencetakan dokumen kependudukan bagi masyarakat di Desa Jangga dan Jumleng Kecamatan Losarang. Pihaknya akan terus melakukan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan bagi yang rusak akibat banjir. “Silakan masyarakat yang dokumen kependudukannya rusak. Segera mendaftarkan diri ke Disdukcapil,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *