Ratusan Anggota Polisi Jalani Tes Urine

oleh -79 views
TES URINE : Provos Polres Indramayu memantau langsung kegiatan tes urine yang dilakukan terhadap anggota Polsek Jajaran Polres Indramayu, Sabtu (30/1). FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Ratusan anggota Polsek jajaran Polres Indramayu menjalani tes urine, Sabtu (30/1). Tes urine sengaja dilakukan tim secara mendadak tanpa diketahui personel polsek mulai kapolsek hingga jajarannya sekitar pukul 02.00 WIB. Namun, hasil dari pemeriksaan tes urine dinyatakan tidak satupun anggota yang terindikasi sebagai pemakai narkoba dan dinyatakan negatif.

Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang melalui Kasat Narkoba AKP Heri Nurcahyo didampingi Kasubag Humas Polres AKP Budiyanto menuturkan, kali ini tes urine dilakukan terhadap ratusan anggota seperti di Polsek Losarang, Balongan, Indramayu, Juntinyuat, Pasekan, Cantigi, Karangampel dan Polsek Arahan. Hasil dari pemeriksaan urine terhadap anggota dinyatakan negatif.

“Tidak ada anggota yang terindikasi sebagai pemakai Narkoba. Hasil tes urine dapat diketahui dalam waktu lima menit dengan menggunakan alat deteksi kandungan,” ucapnya.

Kegiatan itu, lanjutnya, sengaja dilakukan secara mendadak (sidak) mulai pukul 02.00 WIB hingga pagi hari. Karena kedatangan tim yang mendadak membuat anggota Polsek tidak bisa menghindar bahkan harus menjalani pemeriksaan urine oleh tim Urkes Polres dengan pengawalan ketat Provos. Tim Polres yang sengaja mendatangi polsek antara lain, KBO Narkoba, Sie Propam Polres dan sejumlah perwira Polres lainnya.

“Tujuannya untuk memastikan para anggota apakah sebagai pengkonsumsi narkoba atau tidak. Dan apabila ada anggota yang terbukti dan terlibat penyalahgunaan narkotika dan obat/bahan berbahaya (narkoba) secara tegas akan dilakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku, ” ujarnya .

Dikatakan pula, tes urine tersebut diadakan sebagai upaya introspeksi pihak kepolisian selaku penegak hukum bahwa mereka harus bebas dan tidak boleh terjerumus ke dalam jurang narkoba.  “Pak Kapolres tidak main-main dalam upaya penanganan bebas narkoba di tubuh anggota jajaran Polres Indramayu. Dia pun mengancam jika anggotanya kedapatan menggunakan barang haram tersebut,” tutur Heri Nurcahyo. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *