Ramai-ramai Deklarasikan ODF

oleh -43 views
KOMITMEN: Pemcam, pemdes bersama UPTD Puskesmas se-Kecamatan Lelea mendeklarasikan ODF, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Pemerintah Kecamatan dan pemdes se-wilayah kerja UPTD Puskesmas Lelea menggelar deklarasi open defecation free (ODF) alias setop buang buang air besar sembarangan, Kamis (15/4). 

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Lelea, deklarasi dihadiri Camat Lelea Hatta Direja S STP, Kepala UPTD Puskesmas Lelea dr Hj Siti Rokayah MM bersama anggota, jajaran Polsek dan Koramil Lelea, serta enam kepala desa se-wilayah kerja UPTD Puskesmas Lelea. 

Sebelum melangsungkan deklarasi ODF secara bersama-sama, tim dari Puskesmas Lelea di bantu pemerintah desa telah melakukan verifikasi ODF yang terjun langsung rumah warga, melakukan wawancara serta meninjau langsung lokasi jamban yang dipakai oleh warga. 

Camat Lelea, Hatta Direja S STP mengatakan, deklarasi yang dilakukan secara bersama-sama, adalah bentuk komitmen bersama dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat dan bersih. Serta, masyarakat yang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dari kegiatan yang dilaksanakan bisa menekan ODF di setiap desa. 

“Kegiatan ini dalam rangka menekan dan berkomitmen untuk bebas dari ODF  dalam rangka menuju Indramayu kabupaten sehat,” ujarnya.  

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Lelea dr Hj Sri Rokayah MM mengatakan, dirinya bersama anggota dan juga bidan desa yang berada di desa-desa, siap bersinergi untuk menekan angka ODF, serta memberikan edukasi terkait ODF kepada masyarakat. 

“Semoga, hal ini dapat memotivasi masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan, serta senantiasa berperilaku hidup sehat,” terangnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *