Ramadan, Vaksinasi Covid Tetap Jalan, Waktu Setelah Tarawih atau Pasca Salat Subuh

oleh -27 views
TETAP JALAN : Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu tetap berjalan selama Ramadan, kemarin. Satgas menyesuaikan waktu antara setelah Subuh atau tarawih. FOTO; UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Selama bulan Ramadan, kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu ternyata tetap berjalan. Meski demikian, vaksinasi itu disesuaikan waktu pelaksanaannya dengan sahur maupun berbuka puasa. “Vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadan tetap jalan. Hanya waktunya kita sesuaikan,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr Deden Bonni Koswara, saat dikonformasi via WhatsApp (WA), Sabtu (17/4).

Deden mengungkapkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa.

Dalam fatwanya, lanjut Deden, MUI menetapkan bahwa vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuskular tidak membatalkan puasa.

Di samping itu, Kemenkes dan Kemenag juga menyatakan vaksinasi bisa dilaksanakan di bulan Ramadan pada pagi atau malam hari. “Jadi waktu pelaksanaan vaksinasi opsinya ada dua, mendekatkan setelah sahur (pagi hari) atau malam hari setelah taraweh,” kata Deden.

Menyinggung tentang pelaksanaan vaksinasi yang telag dilakukan, Deden menjelaskan, berdasarkan data vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu terhitung 1 Februari-16 April 2021, untuk petugas kesehatan, dari sasaran 9.200 orang sudah divaksin 10.499 orang.

Kemudian untuk lansia, dari sasaran 194.366 orang sudah divaksin 7.562 orang. Sedangkan pelayan publik, dari sasaran 64.647 orang, yang sudah divaksin 35.826 orang.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat pihaknya akan menggenjot vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik. Hal ini sebagai persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di Kabupaten Indramayu, yang rencanaya akan dimulai pada Juli 2021 atau saat dimulainya tahun ajaran baru 2021/2022. “Untuk vaksinasi bagi tenaga pendidik, targetnya selesai akhir Juni 2021,” tegasnya.(oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *