Puncak Hujan, Waspada Pohon Tumbang

oleh -29 views
GERGAJI: Kapolsek Kompol Mashudi bersama warga melakukan evakusi batang pohon trembesi yang tumbang di Jalan Raya Pegagan-Cibereng, Sabtu sore (20/2). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Memasuki puncak musim hujan, intensitas hujan maupun tiupan angin di wilayah Kabupaten Indramayu meningkat. Selain ancaman banjir, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengimbau masyarakat untuk mewaspadai pohon tumbang akibat kondisi tersebut.

Imbauan itu sangat beralasan. Bersamaan dengan bencana banjir di sejumlah wilayah, juga diwarnai tumbangnya pohon-pohon tua.

Seperti kejadian pada Sabtu (20/2), sekitar pukul 17.00, di Jalan Raya Pegagan-Cibereng tepatnya di Desa Pegagan Blok Cilogog RT 01 RW 01.

Sebuah pohon jenis trembisi berukuran besar roboh. Hingga membuat akses lalu lintas di wilayah perbatasan Kecamatan Losarang dan Terisi itu terputus. Kendaraan dari kedua arah tidak bisa melintas berjam-jam. Pengemudi tidak bisa menggunakan jalur lain.

Lalu lintas kembali lancar setelah warga bersama petugas Polsek Losarang dan anggota TNI melakukan evakuasi batang pohon yang melintang di tengah jalan dengan menggunakan gergaji mesin.

“Tidak ada korban jiwa. Hanya batang pohon yang tumbang menutup akses jalan,” kata Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh Susilo Bambang SIK melalui Kapolsek Losarang Kompol H Mashudi SH MH.

Butuh waktu hampir dua jam untuk melakukan evakuasi dan pemotongan. Mengingat kondisi cuaca buruk dan gelap lantaran hari menjelang sore. Namun petugas berupaya semaksimal mungkin dan bergerak cepat. “Alhamdulillah tuntas. Arus lalu lintas juga kembali normal,” kata Kompol Mashudi.

Terkait dengan pohon tumbang itu, diduga akiat curah hujan tinggi. Adapun ukuran pohon tersebut memiliki tinggi 15 meter dan diameter kurang lebih 1 meter. Pohon trembesi tersebut diperkirakan berumur sekitar 30 tahun. Dikarenakan usia sudah tua, sehingga akar pohon tersebut tidak kuat menahan tangkai dan daunnya yang rimbun ditambah hujan sehingga terjadi tumbang.

“Dalam kondisi cuaca ekstrem seperti sekarang ini, masyarakat diimbau untuk hati-hati dan waspada saat berkendara,” pesannya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *