Puluhan Siswa SMK Positif Covid, Terpapar saat PKL di Lembang, Satgas Langsung Lakukan 3T

oleh -175 views
TETAP WASPADA COVID: Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr Deden Boni Koswara mengajak masyarakat tetap disiplin prokes 3M walau sudah ada vaksinasi. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Puluhan siswa SMKN 1 Losarang yang tengah melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di Lembang, positif Covid-19. Informasi yang diperoleh Radar Indramayu, sedikitnya 51 siswa yang tengah PKL di tempat wisata La Fresa Lembang, Kabupaten Bandung Barat dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (29/4).

Juru bicara Satgas Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Indramayu, dr Deden Boni Koswara, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, kejadian berawal dari salah seorang siswa yang mengeluh sakit demam dan flu yang tak kunjung sembuh hingga tujuh hari. Setelah dilakukan swab PCR dan hasilnya keluar pada tanggal 21 April, dan dinyatakan positif.

Kemudian pada tanggal 23 April kembali dilakukan swab terhadap siswa PKL yang ada di tempat kos sebanyak 18 orang.

Namun, 5 siswa ternyata sudah pulang ke Indramayu menggunakan travel, sehingga hanya 13 siswa. Hasilnya 12 siswa positif Covid-19. Kemudian pada tanggal 29 April siswa positif bertambah lagi 5 orang. Selain siswa PKL, karyawan La Fresa juga banyak yang terpapar.

Dokter Deden mengatakan, pihaknya langsung melakukan 3T yakni tracing, tracking kemudian testing pada kontak eratnya di Indramayu. “Apalagi sebagian dari mereka ada yang pulang ke Indramayu padahal melum menjalani swab di Lembang,” ujarnya.

Deden juga berharap, ketika ada kegiatan ke luar kota seperti PKL untuk berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu. “Sebaiknya kalau ada kegiatan seperti ini koordinasi dulu dengan kami dari Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu. Agar kami bisa melakukan langkah-langkas antisipasi,” tegas Deden.

Deden juga mengajak masyarakat untuk tetap ketat melakukan protokool kesehatan (prokes) selama kegiatan apapun. Apalagi kegiatan yang melibatkan banyak orang, termasuk PKL di luar daerah. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.