Puluhan Lansia Ikuti Pesantren Ramadan

oleh -59 views
BELAJAR MENGAJI: Para lansia binaan Rumah Zakat Desa Berdaya Tegalurung, Kecamatan Balongan mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Puluhan wanita lanjut usia (Lansia) mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan yang dihelat Rumah Zakat (RZ) Desa Tegalurung, Senin (19/4). Selain diajak lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah selama bulan puasa, mereka juga diberikan berbagai ilmu mulai dari belajar membaca dan mengaji iqra, Alquran, dan menghafalkan surat Alquran secara bersama-sama.

Relawan Ispirasi Rumah Zakat, Lastri Mulyani menyatakan, kegiatan Pesantren Ramadan yang digelar dari jam 10.00 hingga 12.00 WIB akan digelar selama tiga pekan.

Kendati pesertanya adalah lansia binaan Rumah Zakat, tetapi tetap membuka warga lainnya yang ingin bergabung dengan pada kegiatan pesantren yang diinisiasinya ini.

Lastri berharap, dengan Pesantren Ramadan diharapan, para lansia selama bulan puasa mempunyai kegiatan yang lebih bermanfaat dan bisa menambah wawasan keilmuan. “Semangat menuntut ilmu sejak lahir sampai liang lahat, jadi usia tidak jadi alasan untuk berhenti belajar,” ucap Lastri.

Selain itu, lanjutnya, Pesantren Ramadan juga sebagai sarana menjalin silaturahmi yang sangat dianjurkan oleh agama.

“Kami juga memberikan ilmu kegamaan dengan ustad yang berbeda, mengajak menghafal tiga surah dalam Alquran, yakni Yasin, Al Mulk, dan Al Waqiah yang dibaca bersama-sama,” terangnya.

Sementara itu, salah satu peserta Pesantren Ramadan, Dasinah (65) mengaku, sangat gembira bisa merasakan kembali kegiatan pesantren di bulan Ramadan. Dasinah juga bernostalgia bisa kembali membaca Alquran dan surah pendek.

“Alhamdulillah saya dan teman-teman di usia senja bisa kembali merasakan Pesantren Ramadan, bisa merasakan belajar mengaji, menghafal Alquran dan ada tambahan ilmu agama, semoga kegiatan ini bisa terus diadakan bukan saja tahun ini tetapi tahun berikutnya,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.