Prodi Teknik Komputer Unwir Raih Akreditasi Baik

oleh -38 views
KOMPAK: Civitas Akademika Fakultas Teknik Unwir Indramayu foto bersama usai meraih akreditasi Baik, kemarin. FOTO: JAMAL/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Program Studi Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu meraih akreditasi baik.

Hal itu sesuai dengan surat keputusan dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor : 5721/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/IX/2020 tentang Pemenuhan Syarat Peringkat Akreditasi Program Studi Teknik Komputer pada Program Sarjana Universitas Wiralodra Kabupaten Indramayu, Rabu (4/11).

PRAKTIK: Mahaaiswa Falultas Teknik Komputer Unwir sedang melakukan praktikum guna meningkatkan keterampilan.

Menyikapi itu, Rektor Unwir Dr Ujang Suratno SH MSi mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, sejak izin penyelenggaraan Prodi Teknik Komputer Program Sarjana Universitas Wiralodra yang diselenggaran Yayasan Wiralodra Kabupaten Indramayu oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prodi Teknik Komputer terus berbenah memenuhi standar pendidikan yang telah ditentukan.

Dikatakan Ujang, raihan peringkat akreditasi baik yang diperoleh Program Studi (Prodi) Teknik Komputer ini bukanlah hasil akhir. Namun, merupakan babak baru yang harus dilalui dengan mempertahankan kualitas serta meningkatkannya pada babak berikutnya.

Lebih lanjut, dikatakan Ujang, akreditasi sudah menjadi aturan baku dalam menilai kualitas dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta ketentuan lainnya sehingga mutlak harus dipenuhi.

“Kami berharap, Program Studi Teknik Komputer dapat berkembang dan dapat menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Terlebih lagi saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan kebijakan pembatasan pada setiap kegiatan di semua bidang maka peranan teknologi sangat membantu keberlangsungan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan akademik di kampus,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Hamdani Abdulgani ST MSi mengatakan, raihan tersebut sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Saat ini, lanjutnya, Teknik Komputer belum meluluskan mahasiswa. “Jika sudah ada lulusannya, kami yakin peringkat akreditasinya lebih baik lagi,” katanya penuh optimisme.

Menurutnya,  Program Studi Teknik Komputer terbilang baru di Unwir. Namun, minat calon mahasiswa untuk memilih Program Studi Teknik Komputer Unwir semakin meningkat.

Indikator peningkatan tersebut terlihat dari jumlah pendaftar pada penerimaan mahasiswa baru pada setiap tahun akademiknya. Namun, karena regulasi dan ketentuan yang berlaku tahun akademik 2020/2021 ini, Teknik Komputer membatasi penerimaan mahasiswa baru.

“Fakultas Teknik memiliki 2 program studi yaitu Teknik Sipil dan Teknik Komputer. Alhamdulillah, keduanya sudah terakreditasi dengan raihan akreditasi B untuk Teknik Sipil dan akreditasi Baik untuk Teknik Komputer. Hal ini adalah komitmen kami dalam menjaga kualitas pendidikan di Fakultas Teknik untuk menyiapkan lulusan yang siap guna baik di dunia industri dan di dunia entrepreneur,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Program Studi Teknik Komputer Darsanto ST MKom menambahkan, Teknik Komputer pada tahun akademik 2020/2021 akan melaksanakan rancangan bangun sistem berbasis IoT, embeded system, robotika. Hal ini, sebutnya, sesuai dengan visi dan misi program studi. “Program ini akan kami laksanakan dengan melakukan penelitian yang melibatkan mahasiswa dan stakeholder yang ada,” pungkasnya. (jml)