Prioritas Vaksin bagi Lansia, Polsek Lelea Mengawal Vaksinasi Tahap Kedua

oleh -96 views
DIKAWAL: Jajaran Polsek bersama UPTD Puskesmas Lelea saat pelaksanaan vaksinisasi tahap dua bagi para lansia, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Kendati dalam situasi puasa, vaksainasi Covid-19 jalan terus. Bahkan, sudah berlangsung di tingkat kecamatan. Tidak terkecuali di Kecamatan Lelea. Vaksinasi tahap II dilakukan terhadap kalangan lanjut usia (lansia) dan jamaah calon haji sudah dilansungkan, kemarin (19/4). Untuk lima desa, pelaksanaannya di bagi dua tempat yaitu Puskesmas Lelea dan Puskesmas Tugu.

Kepala UPTD Puskesmas Lelea dr Hj Sri Rokayah MM menuturkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua untuk kelompok lansia sebagai prioritas. Menurut Sri Rokayah, hal itu dilakukan karena ketahanan tubuh lansia mengalami penurunan, sehingga sangat rentan terpapar virus. Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), Sri Rokayah mengimbau agar pihak keluarga ikut memantau kondisi kesehatan para lansia. “Bila ada keluhan segera hubungi bidan desa,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Sri Rokayah, meskipun sudah divaksinasi tetapi tetap harus mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, menjaga jarak serta membatasi mobilisasi.

Sementara itu, Kapolsek Lelea AKP H Agus Priyanto SH mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan vaksinasi tahap II.

Dikatakan Agus, kegiatan pengamanan yang melibatkan semua unsur perwakilan Muspika Kecamatan Lelea untuk memastikan kegiatan vaksin kedua berjalan lancar dan aman serta kondusif.

Dijelaskannya, para peserta yang akan divaksin tetap memperhatikan mekanisme sebelum disuntik, yakni mendaftar, menunggu antrean, kemudian dipanggil sesuai nomor urut, menjalani skrining kesehatan dan kemudian divaksin.

“Alhamdulillah, pada hari ini (kemarin, red) pemberian vaksin berjalan lancar. Sebanyak 88 lansia dan calon jamaah haji telah diberi vaksin tahap kedua,” terangnya.

Dengan pengamanan, Agus berharap, kegiatan vaksinisasi yang diprogramkan pemerintah dapat berjalan lancar dan sukses,  dan telah menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk Polri untuk memastikan program vaksinisasi ini dapat berjalan sukses.

“Sejauh ini, program vaksinisasi di Indramayu berjalan lancar, khususnya di Kecamatan Lelea, kami akan terus melakukan pengawalan agar program vaksinasi ini berjalan sesuai dengan harapan,” pungkasnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *