Poktan Dibekali Teknik Pembuatan Pakan Itik

oleh -54 views
PEMBUATAN PAKAN: Poktan Tiga Putri Desa Tawangsari Kecamatan Arahan diberikan bimbingan pembuatan pakan itik, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Kelompok Tani (Poktan) Tiga Putri, Desa Tawangsari, Kecamatan Arahan di mendapat pembelakan teknik pembuatan pakan itik, kemarin (26/10).

Kegiatan pelatihan pembuatan pakan itik dipandu PPL dari BPP Kecamatan Arahan binaan wilayah Desa Tawangsari, Tri Suseno SP, yang pelaksananya dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu, ini diikuti antusias anggota kelompok tani.

“Saya melihat di Desa Tawangsari dari sumber daya yang dimiliki sangat pontensial sekali bila sebagai tempat pengembangan ternak itik,” ucap PPL BPP Kecamatan Arahan Binwil Tawangsari, Tri Suseno.

Dijelaskan Tri, banyaknya bahan pakan yang bisa dijadikan pakan konsentrat itik menjadi Desa Tawangsari sangat potensial sekali apabila menjadi sentra peternakan itik di Kabupaten Indramayu.

“Banyaknya bahan pakan di sekitar lokasi yang bisa diolah menjadi bahan pakan, seperti keong mas, ikan kruca, nasi aking, dedak lembut atau karul, menir dan lain sebagainya jika dimanfaatkan secara tepat ini menjadi sumber pakan untuk ternak itik. Sedangkan pakan jadi atau konsetrat di pasaran harganya mahal,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Poktan Tiga Putri Karnaim mengungkapkan, pembekalan teknik pembuatan pakan itik bagi anggota poktan sangat bermanfaat selain dapat meningkatkan kemampuan anggota yang semua berprofesi sebagai petani ini dalam pembuatan konsentrat pakan itik.

Dikatakan Karnaim, anggota tidak kesulitan mencari sumber pakan itik saat beternak itik, atau membeli pakan itik yang cukup mahal di pasaran.

“Setelah diberikan cara membuat pakan, kami jadi tahu apa saja yang bisa dijadikan sumber pakan, yang selama ini kami anggap tidak ada manfaatnya namun setelah diolah bisa sebagai pakan itik, murah lagi. Anggota Poktan selain mengolah lahan pertanian bisa juga disambung dengan beternak itik,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.