PKS Dirikan Posko Peduli Banjir

oleh -59 views
SIMBOLIS: Ketua DPD PKS Kabupaten Indramayu H Ruswa MPdI didampingi relawan memberikan bantuan kebutuhan logistik bagi korban banjir di Kecamatan Kertasemaya, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Sebagai langkah membantu beban para korban bencana banjir di wilayah Kabupaten Indramayu, DPD PKS Kabupaten Indramayu mendirikan posko peduli banjir.

Selain itu, para berlambang dua bulan sabit mengapit padi ikut membantua kebutuhan para korban banjir.  

Ketua DPD PKS Kabupaten Indramayu H Ruswa MPdI terjun langsung meninjau posko peduli banjir sekaligus menyalurkan berbagai kebutuhan logistik untuk korban banjir di Kecamatan Kertasemaya, Selasa (9/2).

Dikatakan Ruswa, PKS berkomitmen untuk berkhidmat melayani masyarakat bersama semua komponen masyarakat lainnya.

Menurutnya, PKS tidak bisa berbuat banyak jika sendirian sehingga ikut serta berkontribusi dengan komponen masyarakat lainnya.

“Hari ini kami sambangi posko-posko peduli banjir yang didirikan PKS di setiap tempat yang terdampak banjir, memberikan bantuan kebutuhan masyarakat, termasuk kebutuhan masker dan handsanitizer, dan mengecek kesiapan para relawan posko,” ujarnya.

Bentuk kegiatannya, lanjut Ruswa, relawan posko peduli banjir ikut terlibat bersama tim SAR lainnya mengevakuasi korban yag terjebak banjir, termasuk membantu recovery pasca banjir yang sering dilupakan, seperti membantu masyarakat membersihkan rumahnya, membersihkan tempat atau sarana ibadah, termasuk masalah-masalah kesehatan yang muncul sesudahnya.

Pihaknya telah membentuk posko di daerah terdampak banjir lainnya seperti di wilayah Kandanghaur, dan Terisi dengan menggerakan semua kader PKS yang menjadi relawan untuk membantu warga.

“Insya Allah kita tidak berhenti disini akan berlanjut. Bukan bantuan logistik saja, setelah recovery kita akan assesment bisa pada kebutuhan apa yang paling dibutuhkan termasuk obat-obatan,” jelasnya.

Ruswa berpesan kepada para relawan untuk menjaga kesehatannya selama bertugas di posko peduli banjir, agar bisa terus bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai ketua DPD PKS, Ruswa bangga kepada semua kadernya yang selalu siap siaga dan sigap menjadi relawan bencana mengabdikan diri untuk kepentingan umat. “Tanpa diminta mereka langsung siap, apalagi setelah dikoordinasikan gerakan kerjanya lebih tertata,” tandasnya.

Anggota DPRD Kabupaten Indramayu ini berharap, semua masyarakat ikut peduli, karena untuk menyelesaikan masalah banjir harus melibatkan semua komponen, terutama pemangku kepentingan yakni pemerintah daerah harus lebih sigap.

“Mereka yang punya resources lebih banyak menyelesaikan permasalahan banjir ini, tidak saja insidental saat bencana terjadi, namun bagaimana bencana tidak terulang atau meminimalisir potensi terjadinya banjir,” ujarnya.

Sementara itu, rewalan posko peduli banjir DPD PKS Kabupaten Indramayu Juli Santoso mengatakan, sebagai rewan posko selalu siap siaga apabila diminta ikut berkontribusi membantu warga yang menjadi korban banjir, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Mungkin karena jiwa kami jiwa relawan tanpa diminta kita langsung bergerak, karena untuk membantu warga terdampak banjir butuh pertisipasi semua agar proses pemulihan aktivitas warga pasca banjir lebih cepat,” tuturnya. (oni/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *