Pjs Kuwu Kecamatan Sukra Dan Patrol Dilantik

oleh -209 views
Pjs Kuwu Ujung Gebang,H. Khoyas Khoyas Rusmandi, Desa Tegaltaman, Rudino Eko Susanto,, serta Desa Karanglayung, Wakrudin, bersama istri dan Muspika Sukra FOTO:FOTO : KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU– Kepala Desa (Kuwu) dan perangkatnya serta BPD harus mampu melayani, mengayomi serta menumbuhkan prakarsa dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta tanggap terhadap aspirasi yang berkembang secara dinamis ditengah tengah masyatakat.

Hal tersebut disampaikan Camat Sukra Drs H. Achmad Mansyur MSi, ketika melantik tiga Penjabat sementara (Pjs) Kuwu, Jumat (15/1). Pelantikan digelar di aula kantor Kecamatan Sukra, dihadiri Kasub Sektor Sukra, Iptu Mikhail, BPD dan lembaga seeta TP PKK ketiga desa tersebut serta tokoh masyarakat.

Ketiga Pjs Kuwu yang dilantik, yakni Kuwu Desa Ujung Gebang, H. Khoyas Rusmandi, Desa Tegaltaman, Rudino Eko Susanto,, dan Desa Karanglayung, Wakrudin.
Mansyur yang mewakili Bupati Indramayu, berharap kepada ketiganya agar bisa mengelolah desanya dengan baik.

” Tentunya, desa harus mampu menyelenggarakan rumah tangganya sendiri, yaitu membiayai kegiatan rutin dan pembangunan dengan menggali potensi yang dimiliknya. Untuk itu Kuwu harus bisa dapat mengelolah desanya dengan baik,” ujarnya.

Pjs Kuwu juga harus mewujudkan sistem pemerintahan desa sesuai dengan jiwa dan semangat otonomi daerah. Diperlukan upaya untuk mendayagunakan sektor pendukungmya. Antara lain memantapkan tugas dan fungsi aparatur pemerintahan desa, dan badan pemisyawaratan desa dengan sarana prasarana yang memadai, sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal.

” Terlebih lagi diera reformasi birokrasi saat ini. Penjabat kuwu sebagai pemimpin desa dituntut untuk mampi melakukan perbaikan terus menerus dalam pembentukan keunggulan kempetitif untuk berkembang dengan dilandasi oleh keluwesan tim kerja yang baik, kepercayaaan dan penyebaran informasi yang baik. Hal ini sesuai dengan gaya kepempinan transformasional. Arrinya kuwu harus dinamis,” pintanya.

Achmad Mansyur, menjelaskan ketiga Pjs Kuwu tersebut akan memimpin desanya hingga ketiga desa tersebut memiliki kuwu defintif.

Pelantikan Pjs Kuwu juga dilaksanakan di Kecamatan Patrol. Ada tiga Pjs Kuwu yang dilantik, yakni Eka Tirta yang akan memimpin Desa Limpas, Sopandi, Desa Patrol Baru, dan Dodo Wihardo, ditugaskan menjadi Pjs Kuwu Mekarsari.

Camat Patrol, Teguh Budiarso, S,,Sos MSi, mengatakan, pengangkatan Pjs Kuwu berdasarkan ketetapan Surat Keputusan Bupati Indramayu, melalui SK Nomor 141.1/Kep 10-DPMD/2021. Pengangkatan Pjs Kuwu dikarenakan masa jabatan Kuwu definitif tiga desa tersebut telah habis.

” Untuk melanjutkan kepemimpinan sebelum Kuwu definitif yang terpilih dari hasil Pemilihan Kuwu nanti dilantik, maka di isi oleh Pjs Kuwu. Selain mengelola birokrasi pemerintahan desa, Pjs Kuwu juga melaksanakan Pilwu hingga dilantiknya Kuwu definitif,” ujar Teguh. (kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *