Petani Ramai-ramai Tanam Semangka

oleh -92 views
MENGUNTUNGKAN: Petani di Kecamatan Widasari memilih menanam semangka saat musim gadu dua ini

INDRAMAYU- Setelah musim panen gadu selesai, petani di Kabupaten Indramayu mulai ramai menggarap lahannya dengan menanam buah semangka.

Hal itu terlihat di areal pesawan perbatasan antara Kecamatan Lelea dan Widasari, Kamis (16/9). Para petani mulai menggarap lahannya dengan menanam semangka.

Salah seorang petani asal Lelea, Aim (53) mengaku, sudah bertahun-tahun menggarap lahannya seluas 2 hektare dengan menanam semangka setiap usai panen musim gadu atau kemarau.

Dikatakan Aim, para petani menanam semangka karena cocok sebagai tanaman jarak antara musim hujan dan kemaru.

“Semangka hanya butuh waktu 2 bulan untuk panen. Sekarang ditanaman, paling November atau Desember sudah bisa dipanen, mudah-mudahan tidak ada hujan besar,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Aim, para petani semangka juga mewaspadi serangan tikus. Sehingga, ketika pohon semangat sudah berbuah, petani selalu bergadang di malam hari untuk menjaga tanaman.

Petani semangka lainnya, Saripin (37) mengatakan, harga semangka tergantung kualitas buahnya besar atau kecil.

Untuk menjaga kualitas tanaman semangka agar tumbuh dengan sempurna, kata Saripin, petani harus memperhatikan pasokan air yang cukup. “Kalau kekuarangan air buahnya akan kecil tapi kalau terendam air akan busuk,” katanya. Untuk itu, kata Saripin, petani beraharap tidak turun hujan lebat saat menanam semangka. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.