Petahana Maju, Pamong Desa Diingatkan Netral

oleh -225 views
MENDAFTAR: Mantan kuwu periode 2015-2021, Kadir, kembali maju mendaftar menjadi bakal calon kuwu Desa Bongas, Kecamatan Bongas, Jumat (5/3). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Sebanyak 171 kuwu (kepala desa) se-Kabupaten Indramayu masa bakti 2015-2021 resmi serempak mengakhiri masa tugasnya pekan kedua di awal tahun lalu.

Mayoritas belum menjabat selama 18 tahun atau tiga periode. Sebagian mereka diprediksi kembali maju pada penyelenggaraan pemilihan kuwu (Pilwu) Serentak tahun 2021 ini.

Di Kecamatan Bongas misalnya. Incumbent atau petahana Kuwu Bongas, Kadir maju lagi. Didampingi istrinya, pria kelahiran 6 Agustus 1981 ini mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Kuwu (Balonwu) untuk kedua kalinya, Jumat (5/3).

Kedatangan Kadir sekitar pukul 09.00, diterima jajaran Panitia Pilwu Bongas. Selama prosesi pendaftaran tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. “Sudah mendaftar, tapi memang masih ada persyaratan yang belum dilengkapi,” kata Ketua BPD Bongas, Arief Wahyudi.

Kadir, lanjut Arief, menjadi balonwu pertama yang resmi mendaftar pasca dibukanya pendaftaran sejak 2 Maret lalu. Sedangkan beberapa warga lainnya baru sebatas mengambil berkas persyaratan. “Tapi ada yang sudah konfirmasi ke pantia, akan mendaftar dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Diperkirakan muncul beberapa kandidat, Arief Wahyudi kembali mengingatkan kepada semua pamong Desa Bongas untuk menjaga netralitas. Sebagaimana yang tertuang dalam pakta integrtitas yang sudah diteken sebelumnya.

Karena bukan menjadi rahasia umum, sebagian besar pamong memiiki hubungan emosional atau ikatan kekeluargaan dengan mantan kuwu sebelumnya.

Ditambah lagi, situasi perpolitikan Pilwu di Desa Bongas mulai menghangat. “Masyarakat sudah mengawasi. Bukan hanya kepada pamong desa, tapi kepada kita juga sebagai BPD. Pakta integrits harus ditaati,” tegasnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.