Pertamina EP Asset 3 Kembali Hijaukan Pesisir

oleh -37 views
PENGHIJAUAN: Pertamna EP Asset 3 melakukan penghijauan dan membersihkan pantai di pantai muara kanal MGS Pertamina EP Asset 3 di Desa Balongan Kabupaten Indramayu, Senin (21/12). FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Pertamina EP selaku KKKS SKK Migas sekaligus salah satu anak usaha Pertamina (Persero) melalui Asset 3 kembali hijaukan pesisir Indramayu.

Kegiatan penghijauan dilaksanakan di pantai muara kanal Main Gathering Station (MGS) fungsi Oil & Gas Transportation Pertamina EP Asset 3 (PEP Asset 3) di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu. Sebanyak 750 pohon ditanam oleh General Manager PEP Asset 3 beserta jajaran management dan pekerja serta mitra kerja OGT PEP Asset 3.

Kegiatan seremoni berlangsung Senin (21/12), diikuti lebih dari 25 orang pekerja dan mitra kerja PEP Asset 3. Kegiatan persiapan sendiri telah mulai dilaksanakan sejak 12 Desember 2020 lalu meliputi penyiapan bibit, pembersihan lahan, pembuatan lubang tanam dan penanaman. Sebanyak 400 cemara laut, 300 mangrove apiculata dan 50 bibit kelapa ditanam dengan melibatkan penggiat lingkungan Kabupaten Indramayu yakni Kelompok Tani Hutan Payau Sigra Mangso.

Wisnu Hindadari selaku Asset 3 General Manager mengungkapkan, menanam pohon ibarat menabung amal ibadah. Bila dilakukan dengan tekun dan tepat hingga tanaman tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dan makhluk hidup, maka amal kita tidak akan putus.

“Kegiatan penanaman pohon atau penghijauan ini sejalan dengan komitmen PEP untuk selalu tumbuh bersama lingkungan sekitarnya,” tegasnya.

Cemara laut dipilih karena merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir. Jenis ini mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong  perbaikan lingkungan.

Ketua Kelompok Tani Hutan Payau Sigra Mangso, Moekhtar mengatakan, PEP Asset 3 sudah mulai menginisiasi penghijauan di pesisir sejak beberapa tahun lalu secara konsisten. Tahun lalu, penghijauan di area Pantai MGS Balongan juga menanam cemara laut dan mangrove jenis bakau. Sebanyak lebih dari 60% bibit yang ditanam tahun lalu tumbuh dengan baik.

Komitmen PEP Asset 3 juga diapresiasi KLHK melalui penghargaan Proper Emas tahun 2020 yang diberikan kepada 2 lapangan di Asset 3 yakni lapangan Subang dan Tambun. Kegiatan penghijauan khususnya di sekitar pesisir pantai memang telah dilaksanakan PEP Asset 3 di hampir semua wilayah kerjanya, dari Subang sampai dengan Indramayu.

Penghijauan pesisir pantai yang dilakukan Senin (21/12) juga dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih pantai atau coastal clean up. Fungsi OGT PEP Asset 3 sendiri rutin melaksankan kegiatan coastal clean up hampir setiap minggunya, dikarenakan sampah buangan dari laut saat pasang sering kali mengotori area pantai muara kanal MGS Balongan. (oet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *