Perpustakaan S16 Apresiasi Kolecer

oleh -443 views
DONGKRAK MINAT BACA: Pengelola Perpustakaan S16 menunjukan kotak literasi cerdas (Kolecer) dari Dinas Arpus Provinsi Jawa Barat yang disalurkan melalui Dinas Arpus Kabupaten Indramayu, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Pengelola Perpustakaan S16 Desa Leuwigede Kecamatan Widasari mengapresiasi Program Kolecer yang dicanangkan Gubernur Ridwan Kamil melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Aprus) Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Pengelola Perpustakaan S16, Ahmad Khoeri setelah menerima bantuan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) dari Dinas Arpus Jabar yang penyalurannya oleh Dinas Arpus Kabupaten Indramayu, belum lama ini.

Dikatakan Ahmad Khoeri, bantuan kolecer yang diterima Perpustakaan S16 berupa 1 buah lemari kolecer, 1 buah kursi dan 1 kardus judul buku sangat mendukung pihaknya yang berusaha menarik minat baca masyarakat desa.

“Program ini sangat bagus sekali untuk mendongkrak minat baca masyarakat di Jawa Barat umumnya, Kabupaten Indramayu khususnya. Program ini juga bisa menjadi sarana meningkatkan IPM masyarakat desa melalui sektor pendidikan nonformal,” ujar pria yang akrab disapa Khoeri ini pada Radar Indramayu, Minggu (31/1).

Lebih lanjut, dikatakan Khoeri, bantuan kolecer, lengkap dengan 117 judul buku baru, menambah koleksi perpustakaannya, serta dapat melengkapi fasilitas sarana dan prasarana perpustakaan yang dikelola secara mandiri oleh para pegiat literasi di Kabupaten Indramayu.

“Yang saya tahu kolecer merupakan inovasi perpustakan jalanan yang ditempatkan di ruang-ruang publik, tapi saya berinisiatif akan terlebih dulu ditempatkan di Perpustakaan S16 karena harus ada yang mengurus, bukan hanya bentuk fisik lemari saja tetapi koleksi bukunya juga, tetapi penempatannya di luar ruangan, yang mudah diakses masyatakat,” paparnya.

Khoeri berharap, program kolecer menjadi bentuk dukungan dari program Gerbang Maca, sehingga dengan adanya program yang linier ini membuahkan hasil dalam memacu percepatan pertumbuhan SDM di Jawa Barat dan Kabupaten Indramayu.

“Generasi cerdas terbarukan dengan upaya melalui Indonesia membaca menuju Indonesia menulis, generasi yang positif thinking, inovatif, dan kreatif,” harapnya.

Sementara itu, Pegiat Literasi Suma mengatakan, sangat mendukung dan apresiasi adanya Program Kolecer yang digagas Gubernur Jawa Barat, untuk menarik minat baca masyarakat di Jawa Barat dan Dinas Arsip Kabupaten Indramayu punya Gerbang Maca.

Melalui dua gerakan itu, lanjut Suma, akan sangat dirasakan para pegiat literasi di masyarakat terutama di tingkat desa akan lebih terbantu dalam menebarkan semangat membaca di masyarakat.

“Jadi penyemangat para pegiat literasi yang selama ini berjuang menebarkan semangat membaca pada anak-anak yang akan jadi cikal bakal generasi muda, untuk itu butuh perhatian dari semua pihak, bukan sebatas dukungan dari pemerintah daerah saja, tetapi terutama dukungan dari pemcam dan pemdesnya,” pungkasnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *