Perbaikan Tanggul Ambles Belum Digarap

oleh -56 views
PROTES: Berbagai tulisan dan gambar yang mengungkapkan curahan hati warga Blok Rengaspayung yang saat ini sedang waswas terkena banjir ketika Sungai Cimanuk meluap. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Perbaikan Tanggul Sungai Ciamanuk yang ambles di Blok Rengaspayung Desa/Kecamatan Kertasemaya belum juga digarap.

Padahal, retakan tanah dan tanggul ambles terus berlanjut dan semakin meresahkan warga sekitar tanggul. Apalagi, saat ini memasuki musim penghujan.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu sebelumnya, akan segera menangani tanggul ambles namun masih mendata rumah dan tanah warga terdampak tanggul ambles.

“Seminggu yang lalu, pemilik rumah yang kediamannya rusak sudah dimintai bukti kepemilikan tanah dan bangunan, rumah dan tanah warga yang terkena dampak didata,” ujar warga setempat, A Muin.

Muin mengaku, waswas dengan kondisi tanggul ambles sehingga tidak bisa dijadikan tumpuan pengamanan rumah warga dari arus banjir Sungai Cimanuk di saat musim penghujan.

“Kondisinya sudah turun malah lebih rendah dari tanah warga, jika banjir ya air bisa langsung menghantam tanah dan pemukiman warga,” terangnya.

Sementara itu, Pemerintah Desa Kertasemaya sampai saat masih terus melaksanakan proses assessment  rumah atau tanah warga yang terdampak amblesnya tanah Tanggul Cimanuk. “Masih proses belum selesai,” ujar Kuwu Kertasemaya Arisman saat dihubungi melalui pesan singkat.

Pantau di lapangan menyebutkan, di tembok tebing tanggul terdapat beberapa tulisan dan gambar yang dibuat warga menjadi bentuk ungkapan dari kekecewaan terhadap lambannya proses perbaikan tanggul yang ambles. Dari kerusakan tanggul itu, menjalar ke sejumlah rumah warga yang ikut terbawa ambles dan beberapa rumah rusak. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.