Penjualan Tidak Terpengaruh Musim Bibit Tanaman Tetap Laris Manis

oleh -512 views

INDRAMAYU-Musim kemarau panjang, tak membuat bisnis jual beli bibit tanaman buah dan hias terperosok. Sebaliknya, para pedagang bibit tanaman di wilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (Inbar) tetap menuai omzet penjualan cukup menggembirakan.

“Memang ada penurunan sih ketimbang musim hujan. Tapi gak sampai anjlok, penjualan relatif lancar,” kata Opan, salah seorang pedagang, kemarin.

Setiap hari, dirinya masih bisa melayani pembelian dari konsumen maupun penjual bibit tanaman keliling antara 10 sampai 30 bibit. Lancarnya penjualan menandakan jual beli bibit tanaman tidak terpengaruh kondisi musim.

Menurut Opan, masyarakat saat ini memiliki kesadaran tinggi dalam penghijauan. Kesadaran itu muncul justru ketika berlangsungnya musim kemarau. “Cuacanya lagi panas, di halaman rumah tidak ada pohon. Rupanya mikir, adem kalau ada tanaman. Makanya mereka beli,” sambungnya.

Namun, diakuinya, lonjakan paling drastis saat memasuki musim penghujan. Karena itu, dia  mulai menambah stok. Selain memperbanyak bibit tanaman sendiri, mereka juga mendatangkannya dari daerah lain.

Seperti mangga, jambu air, jambu kristal, belimbing, lengkeng, rambutan, alpukat sampai durian. Untuk tanaman jenis buah-buahan ini dikembangkan dengan teknik okulasi dan cangkok. Sedangkan tanaman kayu, diperbanyak dengan persemaian biji.

Pedagang lainnya, Yati menuturkan, mendekati musim hujan ini, dia juga mendatangkan bibit tanaman buah dan hias dalam jumlah besar dari Kabupaten Majalengka, Subang dan Sumedang. Cara ini untuk menekan harga beli dan jual bibit agar lebih murah.

“Konsumen sekarang maunya beli yang murah-murah saja, tapi agak banyakan. Umumnya sih untuk tanam perdana sama untuk tambal-sulam dari tanaman yang sudah ada. Pas musim kemarau kan banyak yang mati kurang air,” jelasnya.

Yati menambahkan, tambulampot atau tanaman buah dalam pot akan laris manis diburu pembeli. Hal ini karena menanam buah dalam pot yang relatif mudah perawatan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Selain untuk hobi, tabulampot juga untuk mempercantik halaman rumah yang tidak terlalu luas. (kho)