Penjabat Kuwu Jauhi Politik Kepentingan Pilwu

oleh -187 views
WAJIB NETRAL: Sembilan Pj Kuwu se-Kecamatan Anjatan dilantik, Jumat (15/1). Mereka diingatkan untuk netral dan tidak terafliasi dengan politik kepentingan Pilwu Serentak 2021. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Sembilan Penjabat (Pj) Kuwu se-Kecamatan Anjatan dilantik sekaligus diambil sumpahnya, Jumat (15/1). Para Pj Kuwu itu diwanti-wanti untuk dapat melaksanakan tugas menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik sampai dengan terpilihnya kuwu definitif. Hasil Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak tahun 2021 belum ada kepastian waktu kapan digelar.

“Kapan pelaksanaan pilwu belum ada keputusan. Namun semuanya harus tetap dipersiapkan mulai dari sekarang,” kata Camat Anjatan, Opik Hidayat SSos.

Selama poses persiapan hingga pelaksanaan pilwu, para Pj Kuwu Desa Anjatan, Anjatan Utara, Anjatan Baru, Cilandak Lor, Kopyah, Lempuyang, Mangujaya, Bugis dan Bugis Tua diminta untuk netral. Tidak terafliasi politik kepentingan dengan bakal atau calon kuwu manapun.

Atas hal itu, Camat Opik Hidayat mengungkapkan, pertimbangan penunjukkan Pj Kuwu, salah satunya adalah tidak teridentifikasi memiliki kepentingan politik di desa yang ditugaskan. Selain mempertimbangkan jabatan, golongan dan kompetensi masing-masing.

“Penentuan Pj Kuwu jauh dari subjektif. Banyak yang dipertimbangkan, salah satunya adalah tidak memiliki politik kepentingan di pilwu nanti. Supaya kondusivitas pesta demokrasi di tingkat desa itu tetap terjaga, kondusif!” terangnya.

Untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban umum yang kondusif, ia pun meminta kepada para Pj Kuwu untuk bersinergi dengan elemen masyarakat desa. Sementara itu dari pantauan Radar Indramayu, prosesi pelantikan bertempat diaula kantor Kecamatan Anjatan itu berlangsung sederhana dan khidmat dengan menerapkan prokes Covid-19. Turut hadir jajaran Forkompimcam, para Kuwu, mantan Kuwu, serta perwakilan BPD. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *