Penilaian Lomba Provinsi lewat Virtual

oleh -182 views
PENILAIAN VIRTUAL: TP PKK Kabupaten Indramayu dan Jatibarang bersama KWT Secawati mengikuti lomba tanam jahe merah tingkat provinsi, kemarin. Penilaian dilakukan melalui telekonferensi. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Kelompok Wanita Tani (KWT) Secawati Desa Krasak Kecamatan Jatibarang wakili TP PKK Indramayu mengikuti lomba tanaman herbal jahe merah tingkat Provinsi Jawa Barat, Rabu (26/8).

Penilaian yang dilakukan secara virtual itu dihadiri TP PKK Indramayu, TP PKK Kecamatan Jatibarang, TP PKK Desa Krasak, dan anggota KWT Secawati.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Jatibarang, Novianti mengatakan, KWT Secawati yang menjadi binaannya telah mengembangkan tanaman jahe merah sejak tahun 2019, dengan menanam 100 bibit. Saat panen tahun 2020, lanjut Noviati menghasilkan jahe merah sebanyak 40 kilogram.

“Dari hasil panen pertama tidak kami jual, tetapi kita kembangkan lagi jadi 800 bibit di polibag. Usianya saat ini sudah memasuki 4 bulanan,” kata Noviati.

Selain memberdayakan anggota KWT dan TP PKK, juga menggandeng P4S Dharma Kencana dalam pengembangannya. “Kami dapat support 2000 bibit dari P4S Dharma Kencana untuk dikembangkan dan dibagikan ke warga,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, harga jahe merah sekitar Rp100 ribu/kg. Sehingga sangat cocok untuk terus dikembangkan. “Jahe merah tidak membutuhkan perawataan khusus, cocok untuk ditanam di pekarangan rumah warga. Sehingga, jahe merah bisa meningkatkan gizi keluarga dan ekonomi warga,” tuturnya.

Sementara itu, PPL Krasak, Evi Vigiana SP mengatakan, sebagai penyuluh pertanian akan terlibat dalam memantau perkembangan budi daya tanaman jahe merah, agar dapat berkembang secara baik, dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga. Pihaknya ikut memberikan penyuluhan manfaat dan khasiat jahe merah bagi kesehatan, agar semakin banyak warga yang tertarik untuk kembangkan tanaman ini.

“Kami dari penyuluh akan ikut serta mendukung kegiatan KWT dan PKK dalam mengembangkan jahe merah ini,” ujarnya. (oni)