Pendaftaran Pilwu Segera Dibuka

oleh -403 views

ANJATAN -Tahapan Pembentukan Panitia Pemilihan Kuwu (Panpilwu) Serentak di Kabupaten Indramayu tahun 2021, rampung, Selasa (9/2).

Desa Lempuyang dan Mangunjaya menjadi dua desa terakhir di Kecamatan Anjatan yang menggelar acara pelantikan Panpilwu diakhir masa tahapan.

Pelantikan Panpilwu yang berjumlah 9 orang atau disebut Panitia 9 itu, dilakukan oleh ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing.

Camat Anjatan, Opik Hidayat SSos beserta jajaran Forkompimcam, hadir sekaligus memberikan arahan mengenai tahapan pelaksanaan Pilwu yang puncaknya digelar 2 Juni 2021 mendatang.

Usai dilantik, Panpilwu sudah mulai dihadapkan dengan berbagai beban kerja yang cukup berat. Diawali dengan mengikuti sosialisasi pelaksanaan tahapan Pilwu Serentak 2021 oleh tim dari kabupaten. Kemudian menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB), disusul pengumuman dan pendaftaran bakal calon kuwu (balonwu).

Berdasarkan Peraturan Bupati Indramayu nomor 64.A Tahun 2020, tahapan pengumuman dan pendaftaran balonwu dilangsungkan pekan pertama bulan depan. Tepatnya mulai tanggal 2 sampai 16 Maret 2021. “Ini menjadi tahapan krusial. Harus dipersiapkan dengan matang,” ucap Camat Opik Hidayat.

Pihaknya mengingatkan semua Panpilwu harus netral dan mematuhi aturan saat melaksanakan tugasnya.Sebab, banyak persoalan dalam pelaksanaan pesta demokrasi salah satu penyebabnya adalah keberpihakan petugas penyelenggara.

“Jangan sikap berpihak serta kurang diperhatikannya aturan menyebabkan Panpilwu harus berurusan dengan persoalan hukum. Saya berharap sumpah dan janji yang diucapkan dapat dijadikan pegangan dalam menjalankan amanah tugas mulia ini,” pintanya.

Camat Opik Hidayat juga meminta para Penjabat (Pj) Kuwu membantu menyukseskan Pilwu Serentak 2021. Menurutnya, kesuksesan penyelenggaraan Pilwu menjadi tolak ukur keberlangsungan pemerintahan desa oleh Kuwu terpilih

Pj Kuwu Lempuyang H Sunaryo SE menyatakan kesiapannya. Pihaknya juga meyakini, Panpilwu Desa Lempuyang yang diketahui Asep Awaludin akan konsisten memegang sumpah dan janjinya. “Panitia 9 ini merupakan hasil dari proses seleksi oleh BPD. Saya yakin dan percaya, teman-teman Panpilwu dapat menjalankan tugas dengan amanah dan penuh tanggungjawab,” tegasnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *