Pendaftar Balonwu Membeludak

oleh -113 views
MINIM PEREMPUAN: Plt Camat Gantar Drs Edy Wahyono bersama para balonwu yang sedang mengurus persyaratan maju Pilwu Serentak 2021, kemarin. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Peminat bakal calon kuwu (Balonwu) pada Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak di Kabupaten Indramayu tahun 2021 ternyata cukup tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya Panitia Pilwu yang kebanjiran pendaftar. Di wilayah Kecamatan Gantar misalnya. Empat desa yang menggelar Pilwu Serentak jumlah pendaftar balonwu melebihi ambang batas akhir yang ditetapkan. Yakni lebih dari lima orang.

Berdasarkan informasi sampai dengan Selasa (16/3), di Desa Gantar tercatat 6 orang pendaftar balonwu. Desa Sanca (7), Bantarwaru (6) dan Mekarwaru (6).

Hanya saja, pendaftar balonwu didominasi laki-laki. Keterwakilan perempuan masih minim. “Ya benar. Di empat desa itu, jumlah pendaftarnya lebih dari lima orang. Dari 25 pendaftar, dua diantaranya perempuan,” ucap Plt Camat Gantar, Drs Edy Wahyono.

Dia menjelaskan, Peraturan Bupati Indramayu nomor 64.A Tahun 2020  mengamanatkan calon kuwu (calwu) minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Terhadap balonwu yang mendaftar lebih dari 5 orang maka akan dilakukan seleksi tambahan terlebih dahulu.

“Yang menyeleksi itu panitia pemilihan tingkat kabupaten dengan menggunakan berbagai kriteria sesuai perbup. Untuk menentukan maksimal hanya ada lima calon kuwu di setiap desa,” katanya.

Sementara itu, minimnya keterwakilan maju Pilwu Serentak juga terpantau di wilayah Kecamatan Anjatan. Dari 9 desa yang melaksanakan Pilwu Serentak, tercatat sebanyak 28 pendaftar, dua diantaranya perempuan. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *