Pemkab Imbau Gelar Khotmil Quran Serentak

oleh -47 views
SEKUM MUI DR H AHMAD MAg

INDRAMAYU-Pemerintah Kabupaten Indramayu mengimbau umat Islam di Bumi Wiralodra untuk melaksanakan kegiatan khataman atau khotmil quran secara serentak pada Kamis malam (31/12).

Kepada para camat, kuwu, lurah dan pegurus DKM diminta untuk mengkondisikan masjid dan musala agar dapat melaksanakan kegiatan dalam rangka mengakhiri tahun 2020 dan menyambut tahun baru 2021 M.

Dengan tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran Covid-19. Yakni jumlah peserta maksimal 50 persen dari kapasitas masjid dan musala.

“Kegiatan khotmil quran diawali dengan zikir dan diakhiri dengan doa bagi keselamatan bersama. Adapun penyelenggaraannya dilasanakan serentak di masjid serta musala di Kabupaten Indramayu,” jelas Sekda Kabupaten Indramayu, Drs Rinto Waluyo MPd yang termuat dalam surat imbauan khotmil quran nomor 451/4122/Kesra tertanggal 28 Desember 2020.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indramayu mendukung imbauan tersebut. Sekaligus turut mengimbau seluruh umat Islam di Bumi Wiralodra agar tidak merayakan datangnya tahun baru 2021 dengan hura-hura dan berlebihan. Termasuk menyalakan kembang api atau petasan.

“Hura-hura akan mendatangkan lebih banyak kemudharatan dibandingkan kemaslahatan,” ujar Ketua MUI Indramayu KH Syathori SHI MA melalui Sekretaris Umum, DR H Ahmad MAg.

MUI mendorong agar umat Islam pada malam menjelang pergantian tahun dengan zikir, muhasabah, istighotsah, atau kegiatan bermanfaat lainnya seperti gotong rotong membersihkan lingkungan.

Menurut Sekum DR H Ahmad MAg, tahun baru hendaknya menjadi momentum bagi umat Islam untuk memohon ampun atas kesalahannya, serta berkomitmen menjadi lebih baik sikap dan perilakunya pada tahun yang akan datang.

“Apalagi kondisi bangsa masih pandemi Covid-19. Maka sebaiknya umat Islam lebih bayak mengisi waktu untuk beribadah, kegiatan yang bermanfaat dan berdoa agar wabah corona ini segera berakhir,” katanya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *