Pemdes Tebar Spanduk, Samakan Pelaku dengan Monyet

oleh -69 views
SINDIR PELAKU: Warga di Desa Kopyah Kecamatan Anjatan ramai-ramai memasang spanduk peringatan larangan membuang sampah sembarangan, Kamis (20/5). FOTO; KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

Beragam cara dilakukan untuk mencegah orang buang sampah sembarangan. Warga di Desa Kopyah, Kecamatan Anjatan misalnya. Mereka memasang spanduk unik yang bertuliskan ‘Cuma Monyet Yang Buang Sampah Sembarangan’.

KHOLIL IBRAHIM, Anjatan

SECARA harfiah, tulisan itu menyindir pelaku pembuang sampah sembarangan disamakan dengan monyet. Pantauan Radar, spanduk ukuran 2×1 meter itu ramai-ramai dipasang warga di sekitar jembatan yang dijadikan lokasi pembuangan sampah oleh oknum tidak bertanggungjawab. Aksi pemasangan dipantau oleh pamong desa setempat.

Pamong Desa Kopyah Rifai mengatakan, pembuatan spanduk difasilitasi pemerintah desa, sedangkan pemasangannya dilakukan oeh warga dibantu ketua RT dan Kepala Dusun. “Ada 4 lokasi yang dipasang spanduk. Semuanya disekitar jembatan yang juga menjadi pintu masuk keluar warga di setiap dusun,” katanya.

Wawan, salah seorang warga mendukung upaya tersebut. Dia mengaku, merasa geram dan prihatin adanya tumpukan sampah di bawah jembatan yang juga mencemari sungai.

Biasanya, pelaku membuang sampah pada malam hari agar tidak ketahuan. Dia berharap, pemasangan spnaduk ini dapat menghentikan aksi buang sampah sembarangan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Kami juga prihatin dengan perilaku warga yang masih membuang sampah sembarangan di sungai. Dengan pemasangan spanduk ini, kita berharap tumbuh kesadaran semua warga untuk berperilaku hidup sehat dan membuang sampah di tempatnya,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.